Gempa Sumatera waspada tsunami!

Rabu, 11 April 2012 - 16:18 WIB
Gempa Sumatera waspada tsunami!
Gempa Sumatera waspada tsunami!
A A A
Sindonews.com - Usai gempa berkekuatan 8.9 skala Ritcher (SR) di Bengkulu, Lampung, Nangro Aceh Darussalam, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini tsunami.

Menurut Kepala Pusat Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa di Aceh tersebut terjadi di bagian lempeng samudra, sehingga bisa menimbulkan tsunami.

Dengan peringatan tsunami, BMKG juga meminta warga yang berada di daerah gempa untuk waspada. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai adanya korban dan kerusakan bangunan.

"Gempa di Sumatera bisa menimbulkan tsunami karena pada lempeng Australia, sebelum lempeng tersebut menghujam lempeng Benua Eurasia (Sumatra) dekat dengan outer-rise," katanya seperti yang dikutip dalam situs BNPB.

Dikatakan Sutopo, seperti kebanyakan gempa yang terjadi di Sumatra, mekanisme gempa yaitu sesar geser, berpotensi tsunami, dan jarak dari zona pertemuan lempeng yaitu sekitar 100 Km.

"Gempa ini terjadi karena ketika lempeng samudra berusaha masuk ke bawah lempeng benua, terdapat aktivitas postseismik yang arahnya berlawanan. Sehingga terdapat akumulasi regangan di dekat palung laut. Akumulasi ini menghasilkan gempa sesar geser," tambahnya.

Berdasarkan data dari BMKG menyebut, gempa terjadi pukul 15.38 WIB dengan kekuatan 8,9 skala Richter, di koordinat di 2.31 Lintang utara dan 92.67 Bujur Timur, dan kedalam 10 Km. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4204 seconds (0.1#10.140)