Danau Tamblingan meluap, 36 KK diungsikan

Sabtu, 07 April 2012 - 11:36 WIB
Danau Tamblingan meluap, 36 KK diungsikan
Danau Tamblingan meluap, 36 KK diungsikan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 36 KK yang tinggal di sekitar Danau Tamblingan dan Danau Buyan, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, Bali diungsikan karena ketinggian air naik sampai 3 meter sehingga bisa mengancam keselamatan warga.

"Mereka telah diungsikan ke tempat yang lebih aman, karena beberapa hari terakhir air Danau Tamblingan terus naik" kata Kepala UPTD Pusdalops Penanggulangan Bencana Provinsi Bali I Gede Jaya Serataberana, Sabtu (7/4/2012).

Sejak kemarin, air di kedua danau yang menjadi andalan obyek pariwisata Buleleng itu, terus naik antara 2 sampai 3 meter. Bahkan jalan desa Pancasari terendam oleh air Danau Buyan yang meluap hingga 50 Cm.

Warga yang diungsikan adalah mereka yang tinggal di bibir danau karena dikhawatirkan air semakin terus naik ke daratan. Mereka sementara tinggal di tenda-tenda pengungsian atau ke lokasi lain yang lebih aman.

Upaya evakuasi warga berlangsung lancar melibatkan petugas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, PMI dan Pusadlops serta unsur masyarakat lainnya.

Serataberana menambahkan, selain tenda pengungsian, berbagai bantuan seperti makanan dan air mineral telah diberikan untuk memenuhi kebutuhan warga selama mengungsi.

Terkait meluapnya air danau hingga ke daratan, sejauh ini belum ada laporan adanya korban maupun kerusakan rumah atau bangunan lainnya.

Dari pantauan terakhir siang ini, lanjutnya, permukaan air danau Tamblingan sudah mulai menurun namun warga tetap dimbau berada di pengungsian sampai kondisi danau benar-benar aman. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)