Filon Pasupati berhasil dievakuasi

Jum'at, 06 April 2012 - 14:28 WIB
Filon Pasupati berhasil dievakuasi
Filon Pasupati berhasil dievakuasi
A A A
Sindonews.com - Plat alumunium (filon) yang hampir jatuh dari tiang beton penyangga puncak Jalan Layang Pasteur Surapati (Pasupati) Kota Bandung akhirnya berhasil dilepas dua pemanjat dari Pecinta Alam Institute Teknik Bandung (ITB).

Dengan susah payah, dua pemanjat Freden Meyhara Sembiring dan Fahrul mampu mengevakuasi plat berbahan campuran plastik dan alumunium sebesar hampir 3x3 meter.

Meski mereka sudah terbiasa memanjat, ternyata memanjat filon setinggi 30 meter itu memiliki sensasi dan tantangan tersendiri. "Sensasinya deg-degan saat di atas," kata Freden, usai turun dari filon, Jumat (5/4/2012).

Keduanya menuturkan, saat memanjat Freden dipandu Fahrul. Tugas Freden melepas baut-baut yang masih menahan play yang hampir jatuh. Sedangkan Fahrul memandu dengan memberikan peralatan dan mengatur tali.

Saat berada di ketinggian filon, tampak plat tiba-tiba terjatuh namun masih nyangkut di tali yang juga menahan Freden. Jadinya, adegan tersebut mirip dalam film Vertical Limit.

"Saya ambil gergaji besi. Saya putuskan potong tali. Daripada ganggu keselamatan, maka saya potong tali," jelas Freden.

Dia menyebutkan, ada tiga lempeng yang jatuh ukurannya 1 sampai 2 meter. Beruntung evakuasi tersebut relatif lancar.

Pria kuliah di Teknik Industri ITB angkatan 2007 ini menuturkan, evakuasi kali ini dirinya sudah dua kali memanjat filon. Pertama pada 2011 saat ditugaskan Kementerian PU. Dan kali ini juga dimintai pertolongan untuk mengevakuasi plat.

Freden mengakui, sudah terbiasa mengevakuasi orang di tebing. Pengalaman tersebut sudah dilakukannya sejak 2008. Sementara Fahrul yang juga dari ITB, mengaku satu tim dengan Freden. Sebelumnya dirinya pernah naik ke atas filon dengan Freden.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7847 seconds (0.1#10.140)
pixels