Tahapan pilkada Bangkalan tunggu pleno

Rabu, 04 April 2012 - 17:02 WIB
Tahapan pilkada Bangkalan tunggu pleno
Tahapan pilkada Bangkalan tunggu pleno
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemiliha Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan, masih akan menggelar rapat pleno penetapan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat. Baru setelah disahkan, secara resmi seluruh agenda tahapan bisa dilaksanakan sesuai dengan waktu yang tersedia.

Anggota bagian sosialisai KPU Bangkalan, Syaiful Ismail menyatakan pihaknya sudah membuat susunan draf terkait tahapan pelaksanaan Pilkada. Cuma, masih sebatas draf dan belum disahkan lewat rapat pleno internal KPU.
"Paling tidak, pertangahan April ini tahapan sudah pleno, sehingga semua bisa dimulai dan bekerja untuk kesiapan Pilkada," ujar Syaiful menjelaskan, Rabu (4/4/2012).

Syaiful menjelaskan, setelah tahapan dipleno, seluruh yang berkaitan dengan Pilkada bisa dimulai. Salah satunya, yang dalam waktu dekat akan segara dilakukan adalah rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Rencananya, rekruitmen akan digelar akhir April sampai pertengahan Mei.

Adanya tahapan Pilkada, paling tidak juga menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Pilkada. Syaiful berharap, pada semua pihak, terutama yang akan mencalonkan diri, untuk memperhatikan seluruh yang ada di dalam tahapan tersebut.

"Tinggal tunggu pleno saja, nanti tahapan akan kami sosialisasikan. Paling tidak dicantum di kantor KPU," tegas Syaiful.

Dia menambahkan, dalam Pilkada nanti, jadwal yang akan dilakukan akan mengacu pada tahapan. Mulai dari rekruitmen sampai dengan penetapan pasangan calon, juga ada dan masuk dalam tahapan Pilkada.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala, dalam rapat pleno nanti, sehingga tahapan bisa segera ditetapkan," urainya.

Sementara itu, pengamat hukum dan politik Universitas Trunojoyo, Safi' memprediksi, setelah disahkan tahapan Pilkada, akan kelihatan segala bentuk manuver dari masing-masing calon. Baik yang dilakukan dengan cara turun langsung, atau dengan tebar simpatik.

"Kalau sekarang kan masih pada malu-malu. Nanti kalau sudah tahapan disahkan, akan lebih ramai," ucapnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6383 seconds (0.1#10.140)