Pilkada Pasuruan diprediksi ramai calon

Selasa, 03 April 2012 - 18:01 WIB
Pilkada Pasuruan diprediksi ramai calon
Pilkada Pasuruan diprediksi ramai calon
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Bupati (Pilbup) Pasuruan pada 2013 mendatang diperkirakan bakal berlangsung sengit. Berdasar persyaratan minimal 15 persen suara, partai politik (parpol) maupun koalisi parpol dapat mengusung enam pasangan calon bupati (cabup). Pesta demokrasi ini bakal bertambah seru dengan hadirnya cabup dari jalur independen.

Menurut Zainal Abidin, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, secara matematis parpol maupun koalisi parpol ini bisa mengusung dan mencalonkan enam orang kandidat. Jumlah ini akan terus bertambah dengan hadirnya kandidat dari jalur independen.

"Prosentase masing-masing parpol baik di parlemen maupun nonparlemen memungkinkan untuk mencalonkan enam orang pasangan calon. Banyaknya calon ini akan menjadikan Pilkada Pasuruan berlangsung selama dua putaran," kata Zainal Abidin menjelaskan, Selasa (3/4/2012).

Indikasi ini makin menguat dengan ngototnya parpol-parpol untuk mengusung calonnya menjadi orang nomor satu di Pasuruan. Meski belum secara resmi mendeklarasikan diri, para calon tersebut sudah secara terang-terangan memasang baliho sebagai Cabup Pasuruan.

Mereka ini di antaranya incumbent Eddy Paripurna dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Irsyad Yusuf dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Mudjib Imron dari partai Persatuan Pembangunan (PPP), Anwar Sadad dari Partai Kebangkitan nasional Ulama (PKNU), Udik Djanuantoro dari Partai Golkar.

Dari jalur independen sudah muncul kandidat Muzammil Syafi'i mantan wabup dan Ichdar Supi'i yang menjabat jaksa di Kejatim Jatim). Sementara Partai Demokrat (PD) dan Gerindra belum memunculkan nama kandidatnya.

Ketua terpilih PD Kabupaten Pasuruan Rias Evi Zainal Abidin mengungkapkan, ada tiga nama yang saat ini sudah mendekati partainya untuk mendapatkan rekomendasi pencalonan pada Pilbup mendatang. Menurutnya, jumlah ini akan terus bertambah setelah PD mengumumkan pembukaan pendaftaran bakal cabub.

"Untuk sementara, nama-nama tersebut kita tampung dulu. Saat ini kami masih fokus pada pembentukan struktur pengurus PD," kata Rias Evi yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, Muzammil Syafi'i, menegaskan dirinya sudah mengantongi dukungan masyarakat untuk mencalonkan diri melalui jalur independen. Wakil Ketua Partai NasDem Jatim tersebut akan mendeklarasikan pencalonannya pada beberapa waktu mendatang.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7383 seconds (0.1#10.140)