Salat Jumat, warga dikawal pecalang

Jum'at, 23 Maret 2012 - 14:03 WIB
Salat Jumat, warga dikawal pecalang
Salat Jumat, warga dikawal pecalang
A A A
Sindonews.com - Keharmonian antar umat beragama saat Nyepi di Denpasar terlihat, saat warga muslim salat Jumat pecalang ikut mengawal sampai ke Masjid.

Hari raya Nyepi yang bertepatan umat muslim mengerjakan salat Jumat, berjalan lancar dan hikmat. Umat Hindu dan warga muslim Denpasar, sama-sama bisa melaksanakan ibadah masing-masing-masing dengan aman.

"Tadi laporan dari pecalang, mereka ikut mengawal, mengantar warga muslim yang bersembahyang ke masjid," ujar Kasubag Humas Pemkot Denpasar, Dewa Rai, Jumat (23/3/2012).

Warga berjalan kaki menuju ke Masjid Ukhuwah di Jalan Kalimantan, mendapat kawalan satuan pengamanan desa adat setempat.

Mereka membantu kelancaran salat Jumat sampai selesai dan jamaah kembali pulang ke rumah. Semua pihak dapat saling memahami, menghargai satu sama lain sehingga ibadah Nyepi dan Salat Jumat berjalan hikmat.

"Sesuai himbauan pemerintah, warga yang Salat Jumat agar berjalan kaki. Pengeras suara juga seyogyanya diarahkan ke dalam masjid dengan volume minimal, semua berjalan dengan baik," imbuhnya.

Secara umum, kata Dewa Rai, ibadah Nyepi di Denpasar relatif berjalan lancar dan kidmat. Sejak pawai ogoh-ogoh Kamis 22 Maret 2012 malam pangrupukan atau menjelang Nyepi sampai siang ini. "Tidak ada kejadian atau hal menonjol," katanya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4726 seconds (0.1#10.140)