Dikira bom, ternyata bungkusan sampah plastik

Selasa, 20 Maret 2012 - 06:10 WIB
Dikira bom, ternyata bungkusan sampah plastik
Dikira bom, ternyata bungkusan sampah plastik
A A A
Sindonews.com - Bungkusan plastik karung berwarna putih menggerkan warga di Jalan Raya Gedangan, Sidoarjo, Senin (19/3) siang. Warga mengira kalau bungkusan itu bom, ternyata setelah dibuka hanyalah bungkusan sampah plastik.

Bungkusan karung itu tergeletak di depan toko spare part sepeda angin milik Gunawan, di Jalan Raya Gedangan No 60. Karena dikira bom, warga tidak berani membuka bungkusan itu yang kemudian dilaporkan ke Polsek Gedangan.

Bungkusan berwarna putih tersebut pertamakali ditemukan oleh Slamet dan Sugeng, penjual rokok yang kiosnya berada disamping toko itu. Mereka curiga karena bungkusan itu terdapat kotak yang dilakban dan terdapat lilitan kabel.

Petugas Polsek Gedangan yang mendapat laporan langsung ke lokasi. Petugas juga memasang police line untuk keamanan sekitar bungkusan mencurigakan itu. "Saya curiga bungkusan itu bom. Kan sekarang sedang musim bom," ujar Slamet.

Kapolsek Gedangan Kompol Kamran dan anak buahnya yang datang ke lokasi kemudian melaporkan kejadian ini ke tim Gegana Satbrimob Polda Jatim. Tak lama kemudian tim gegana tiba di lokasi dan berusaha mengamankan bungkusan tersebut.

Petugas penjinak bom menggunakan alat sesuai standart pengamanan kemudian mendeteksi bungkusan itu. Setelah diamankan, bungkusan itu kemudian dibuka. Ternyata, isi bungkusan itu adalah sampah plastik, seperti plastik bekas deterjen, pembersih lantai dan lainnya.

Kapolsek Gedangan Kompol Kamran mengatakan, pihaknya tidak mau gegabah ketika mendapat laporan bungkusan mencurigakan itu. Sehingga, melaporkan kejadian itu ke tim Gegana Satbrimob Polda Jatim. "Apa yang kita lakukan sudah sesuai standar operasional dan prosedur. Sebab, jika langsung diamankan tanpa tim ahli dikhawatirkan bom dan meledak," tandasnya. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5223 seconds (0.1#10.140)