Polisi kantongi nama pelaku perusakan mobil Wali kota

Senin, 19 Maret 2012 - 17:08 WIB
Polisi kantongi nama pelaku perusakan mobil Wali kota
Polisi kantongi nama pelaku perusakan mobil Wali kota
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Resort (Polres) Gowa sudah mengantongi nama pelaku yang terlibat dalam kasus penyerangan dan perusakan mobil Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin di Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) Minggu 18 Maret 2012.

Kapolres Gowa AKBP Totok Lisdiarto mengatakan, pihaknya sudah mengantongi pelaku penyerangan rombongan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin sepulang panen perdana dan penyerahan bantuan di Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo.

"Kami segera memeriksa pelaku dugaan penyerangan dan perusakan mobil Walikota di Kelurahan Tamallaeng. Namun kami belum dapat menyebutkan nama pelaku penyerangan tersebut dengan kepentingan penyelidikan," kata Totok usai menerima pengurus DPD Demokrat Gowa yang mendatangi Mapolres, Senin (19/3/2012).

Kapolres juga mengatakan, selain akan memeriksa sejumlah nama yang diduga terlibat dalam kasus penyerangan kandidat Gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin, pihaknya juga akan memintai keterangan Camat Bontonompo Alimuddin Tiro, dan Lurah Tamallayang.

"Camat Bontonompo dan Lurah Tamallayang merupakan pejabat yang dianggap mengetahui kejadian tersebut, karena penyerangan dan perusahan mobil milik Walikota tersebut berada di wilayahnya, apalagi kejadian itu tidak jauh dari rumah Camat," ungkap Totok.

Sementara itu, sebagai bentuk desakan terhadap aparat kepolisian, ratusan warga yang mengatasnamakan Relawan Istana Team (RIT) mendatangi Mapolres Gowa, sekitar pukul 11.30 WITA. Mereka mendesak agar polisi segera menangkap pelaku penyerangan rombongan Ilham Arief Sirajuddin usai panen perdana di Desa Kacci-Kacci, Kecamatan Bontonompo.

Koordinator aksi Hasrul mengatakan, pihak aparat harus tegas dan segera menangkap pelaku penyerangan. Apa yang dilakukan para pelaku sebagai bentuk pelecehan terhadap wali kota Makassar yang juga ketua DPD Demokrat Sulsel.

"Kami mendesak polisi segara menangkap para pelaku. Para pelaku penyerangan sudah jelas, sehingga polisi dengan gampang mengidentifikasi para pelaku tersebut. Hanya membutuhkan ketegasan terhadap petugas," tandasnya.

Tidak puas menggelar aksi di depan Mapolres Gowa, ratusan warga yang sebagian pengurus DPD Demokrat Gowa itu kembali menggelar aksi dengan penutup sebagai badan jalan di poros perbatasan Gowa-Makassar, akibatnya, arus lalulintas sempat macet satu jam, kemudian melanjutkan aksinya di perempatan jalan Mallombasang, dan Jalan Masjid Raya.

Di jalan poros ini pengunjuk rasa menutup jalan, dan memperlihatkan gambar aksi penyerangan dan perusakan kendaraan milik Ilham Arief Sirajuddin kepada para pengendara yang lewat di jalan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, konvoi kendaraan Ilham Arief Sirajuddin dihadang massa di jalan poros Limbung, Kecamatan Bontonompo, Gowa, Minggu kemarin sekitar pukul 11.30 WITA, sepulang sosialisasi di kediaman tokoh masyarakat setempat Syamsu Rijal, yang juga mantan Wakil Wali Kota Makassar di Kelurahan Taman Laeng, Bontonompo.

Akibat penyerangan tersebut, mobil Ilham mengalami kerusakan di bagian belakang dan samping kiri, termasuk kaca mobil yang pecah, akibat lemparan batu, dan benda keras. Beruntung Ilham tidak ada di dalam mobil yang dirusak massa tersebut. Sebelum kejadian, pasangan Aziz Qahhar Mudzakkar ini menukar posisi kendaraan. Kendaraan yang ditumpangi Aco sapaan akrab Ilham berada di urutan keempat di belakang mobil patwal (patroli pengawal).

Massa akhirnya terkecoh dan menyerang mobil yang ditumpangi Hendra tepat di belakang mobil patwal. Agar bisa lolos dari aksi beringas massa tersebut, konvoi rombongan Ilham menerobos hingga melewati lokasi itu.

Ilham berada di mobil Alphard B I45 ACO. Mobil Hendra yang dilempari dan digedor-gedor massa juga Alphard dengan nomor polisi DD 224 MB. Akibatnya, mobil tersebut mengalami kerusakan di bagian belakang dan samping kiri, termasuk kaca mobil yang pecah, akibat lemparan batu, dan benda keras.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4422 seconds (0.1#10.140)