Wanda-Wandi akan jalani operasi 8 jam

Senin, 19 Maret 2012 - 08:54 WIB
Wanda-Wandi akan jalani...
Wanda-Wandi akan jalani operasi 8 jam
A A A
Sindonews.com - Setelah satu tahun lima bulan hidup dalam kondisi dempet perut dan dada, Wanda Wandi akhirnya menjalani operasi pemisahan, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Rencananya, operasi dilakukan di Ruang COT RSHS, pukul 07.00 WIB. Ketua tim bedah operasi pemisahan Wanda Wandi dr Bustanul Arifin mengatakan, persiapan operasi telah cukup yakni satu tahun lima bulan, sesuai dengan usia Wanda Wandi yang lahir pada 20 September 2010.

“Lama operasi antara enam sampai delapan jam kita alokasikan. Tapi bisa lebih cepat tidak menutup kemungkinan. Tergantung kesulitan. Dengan waktu operasi tersebut, mudah-mudahan tak kesulitan,” ungkap Bustanul, Senin (19/3/2012).

Operasi ini bisa dibilang operasi paling besar yang menyiagakan 160 petugas medes dengan dokter dari berbagai disiplin ilmu.

Bagi RSHS, operasi pemisahan kembar siam ini yang pertama sekaligus yang terbesar sepanjang sejarah berdirinya rumah sakit pemerintah yang dulunya bernama Ranca Badak.

“Kalau yang konkret baru pertama ini operasi kembar siam,” kata anggota tim dokter operasi pemisahan Wanda Wandi, Prof dr U Kaswiyan Sp.An(K).KAP.

Bagi anastesi, persiapan dilakukan dari subuh. Belum lagi pasang peralatan untuk monitor pembedahan. "Terlebih kasusnya (dempet Wanda Wandi) cukup rumit,” terangnya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0783 seconds (0.1#10.140)