Cuaca buruk, Pelabuhan Padangbai ditutup

Kamis, 15 Maret 2012 - 21:20 WIB
Cuaca buruk, Pelabuhan Padangbai ditutup
Cuaca buruk, Pelabuhan Padangbai ditutup
A A A
Sindonews.com - Akibat cuaca buruk di Bali, gelombang laut pasang terjadi. Akibatnya, Pelabuhan Padangbai, Bali, ditutup untuk aktivitas pelayaran.

Pihak otoritas pelabuhan telah mengeluarkan maklumat pelayaran kepada nahkoda kapal untuk tidak melakukan aktivitas penyeberangan dari dan ke Pelabuhan Padangbai.

"Terakhir kami melayani penyebarangan kapal ke Lembar pukul 07.00 Wita. Mulai pukul 09.00 Wita pelabuhan ditutup sampai kondisi cuaca membaik," ujar Administratur Pelabuhan Padangbai I Ketut Arya Dana lewat telepon, Kamis (15/3/2012).

Ia menyebutkan, dari laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG, cuaca di sekitar perairan selat Lombok, cukup membahayakan bagi keselamatan pelayaran.

Pasalnya, ketinggian gelombang laut bisa mencapai tiga meter. Sementara, dalam kondisi normal ketinggian yang aman bagi pelayaran antara setengah hingga satu meter.

Akibat penutupan pelabuhan di Kabupaten Karangasem, terjadi penumpukan kendaraan di kantong parkir. Bahkan, antrean mengular kendaraan besar seperti truk atau bus, hingga luar pelabuhan mencapai sekira lima kilometer.

Penumpukan kendaraan dari pintu pelabuhan hingga Jalan Bypass Kusumba, Kabupaten Klungkung terjadi hingga malam ini. Untuk mengurai kemacetan ke arah pelabuhan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Karangasem.

Agar tidak sampai terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan, dia telah mengimbau sopir dan pemilik armada dengan jalur pendek untuk kembali atau tidak melanjutkan perjalanan ke pelabuhan.

"Selain parkir pelabuhan, ada beberapa kantong parkir lainnya yang bisa dimanfaatkan sementara waktu bagi kendaraan dengan rute jarak jauh seperti ke Lombok," tutup Arya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6237 seconds (0.1#10.140)