Angka kemiskinan naik

Kamis, 15 Maret 2012 - 09:52 WIB
Angka kemiskinan naik
Angka kemiskinan naik
A A A
Sindonews.com – Jumlah rumah tangga miskin (RTM) di Tapanuli Utara meningkat dibanding tahun sebelumnya. Jika pada 2011 menurut data Program Perlindungan Sosial (PPLS) Badan Pusat Statistik (BPS) Tapanuli Utara menyatakan RTM mencapai 26.144. Sedangkan pada 2008 hanya 24.731 RTM.

Hasil tersebut diperoleh setelah BPS melakukan beberapa kali verifikasi ulang. Kriteria pendataan RTM dilakukan sedikit berbeda pada 2008 yakni 14 kriteria. BPS tidak hanya menggunakan pendekatan mengetahui luas rumah dan kondisi rumah RTM. Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Agustina Dwiana mengatakan, hal yang lebih penting yakni verifikasi melalui kepala desa dan para tetangga karena lebih efektif.

Kepala desa lebih tahu tentang kondisi warganya. Selain itu untuk mensinkronisasi keterangan yang diambil dari keluarga yang didata dengan data kepala desa. “BPS tidak lagi menggunakan kriteria seperti pada pendataan tahun 2008. Kepala desa dan tetangga juga kita mintai keterangan,”ujarnya.

Anggota DPRD Taput Dorgis Hutagalung mengatakan peningkatan RTM angkanya sudah terlalu signifikan.Bahkan,angka tersebut harus di verifikasi kembali agar nantinya ada angka yang tepat untuk RTM di Taput. (wbs)


()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)