Kapal perang India tiba di Makassar

Sabtu, 10 Maret 2012 - 17:08 WIB
Kapal perang India tiba di Makassar
Kapal perang India tiba di Makassar
A A A
Sindonews.com - Kapal Perang Angkatan Laut India INS Ranjit (D53) kelas perusak atau raiput class destroyer tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, pukul 08.20 Wita, kemarin.

Asops Lantamal VI Kolonel Laut (P) Gunadi yang menyambut kedatangan kapal ini mengungkapkan, maksud dan tujuan kunjungan muhibah ini adalah untuk mempererat hubungan TNI AL dengan Angkatan Laut India yang sudah berlangsung sejak lama.

"Hubungan yang sudah terjalin antara TNI AL dengan Angkatan Laut India selama ini seperti kerja sama patroli bersama yang diberi nama patroli sektor terkordinasi (parkor) Idindo yang digelar setiap tahunnya di Laut Andaman kawasan barat Indonesia," kata Gunadi.

Kapal yang dikomandoi oleh Captain Punit Chadda ini disambut personel Lantamal di pelabuhan peti kemas. Kapal dengan panjang 147 meter, lebar 15,8 meter, dan bobot 4.974 ton ini akan berada di Makassar selama tiga hari. Kapal ini, kata dia singgah dalam rangka muhibah dan melaksanakan bekal ulang logistik.

Kapal INS Ranjit (D53) yang membawa 320 ABK berangkat dari pelabuhan Angkatan Laut India sejak Februari 2012. Selama berada di Makassar, awak kapal akan melaksanakan openship dengan personel Lantaman VI, olahraga bersama, dan silaturahim dengan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

"Selain itu, mereka akan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Sulsel di antaranya Benteng Rotterdam, Benteng Soba Opu Gowa, permandian air terjun Bantimurung Maros, serta akan melaksanakan pesiar ke kawasan penjualan emas di Jalan Somba Opu Makassar," ujar dia.

Kunjungan ini sekaligus menjadi ajang promosi potensi wisata di Sulsel. Saat penyambutan kemarin, hadir pula sejumlah asisten Danlantamal VI, atase pertahanan India untuk Indonesia Colonel Sanjeev Langeh.

Rencananya, kapal ini selanjutnya akan meninggalkan Makassar Senin (12/3) dan melanjutkan pelayaran menuju Surabaya. Selain berkunjung ke Indonesia juga berkunjung ke beberapa negara di Asia seperti Philipina dan Malaysia. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0844 seconds (0.1#10.140)
pixels