Ratusan umat Hindu ikuti Melasti

Kamis, 08 Maret 2012 - 08:31 WIB
Ratusan umat Hindu ikuti Melasti
Ratusan umat Hindu ikuti Melasti
A A A
Sindonews.com – Ratusan umat Hindu Dharma Gunungkidul kemarin mengikuti upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari, Gunungkidul, DIY Yogyakarta.

Upacara dengan tujuan untuk menyelamatkan dan menyucikan buana alit atau diri pribadi dan buana agung atau alam semesta ini merupakan serangkaian dari upacara Hari Raya Nyepi yang akan jatuh pada 23 Maret mendatang atau bertepatan dengan Tahun Baru Caka 1934. Menurut kepercayaan umat Hindu, Pantai Ngobaran memiliki atmosfer spiritual dan sejarah yang tinggi.

Hal ini berkaitan dengan Prabu Brawijaya V yang pernah bertapa di pantai ini. Dalam upacara sembahyang di Pura Segara Wukir kemarin, dengan khusyuk ratusan umat bersemedi dengan doa yang dipimpin oleh Romo Pendeta Puja Bhrata Jati, seorang tokoh umat Hindu nasional.

”Melasti merupakan serangkaian upacara sebelum Tawur Agung untuk membersihkan diri dan lingkungan kita,” kata Romo Pendeta Puja Bharata Jati seusai sembahyang, 7 Maret 2012.

Upacara Melasti juga diwarnai dengan penyucian yang dilakukan oleh pemuka agama yang disebut wasi atau pinandia. Tidak ketinggalan, tarian gambyong menjadi bagian dari upacara ini.Acara diakhiri dengan acara larung sesaji.

Menurut salah satu umat Hindu yang hadir,Chandra Saputra, agenda larung sesaji ini merupakan perwujudan dari dibuangnya enam sifat buruk manusia, yakni kama atau nafsu biologis, rakus, kemarahan, madha atau kemabukan, kebingungan, dan sikap iri hati.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7034 seconds (0.1#10.140)
pixels