13 Puskesmas tak layak pakai

Kamis, 08 Maret 2012 - 08:06 WIB
13 Puskesmas tak layak pakai
13 Puskesmas tak layak pakai
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 13 bangunan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Sukabumi dalam kondisi tidak layak pakai.

Umumnya sarana kesehatan tersebut mengalami kerusakan di bagian dinding dan atap sehingga sewaktu-waktu bisa roboh. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Adrialty Syamsul mengatakan, jumlah keseluruhan puskesmas yang tersebar di 47 kecamatan mencapai 58 unit.

Namun,13puskesmas di antaranya dalam kondisi rusak berat sehingga sejumlah pengelola puskesmas terpaksa menempatkan pasien-pasiennya di beberapa tempat terpisah seperti kantor kecamatan,koramil, dan mapolsek.

“Kondisi bangunannya rusak berat,terutama bagian dinding dan atap. Bahkan beberapa di antaranya nyaris roboh. Kerusakan itu umumnya akibat guncangan gempa bumi yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir,” kata Adrialty kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia,rencananya pemerintah akan memperbaiki sejumlah puskesmas.Kabarnya perbaikan akan dilakukan mulai April 2012.

Dana perbaikannya berasal dari APBD kabupaten, provinsi, dan keuangan pemerintah pusat. Salah satu puskesmas yang kondisinya mengalami rusak berat adalah Puskesmas Purabaya.

Bangunan puskesmas di wilayah selatan Sukabumi ini sudah rapuh dan nyaris roboh. Pada bagian dindingnya ditemukan retakan. Puluhan pasien pun terpaksa menjalani perawatan di lantai.

“Rasanya sangat tidak tenang,karena khawatir dinding maupun atap bangunan ambrol dan menimpa kami,” kata Iim, 45,salah seorang pasien.

Sementara kondisi RSUD Cianjur pun mengkhawatirkan. Sebab,sejak satu minggu lalu pasien mengeluhkan air bersih di sejumlah ruangan tidak mengalir. Kondisi ini membuat pasien terpaksa harus membawa airbersih dengan botol dari tempat lain untuk berbagai keperluan, termasuk buang air besar.

Kepala Ruangan Ruang Samolo III RSUD Cianjur Edi Sutanto mengakui air di RSUD Cianjur tidak mengalir. Pihaknya sudah menanyakan ke bagian teknik, tapi belum ada perbaikan.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2715 seconds (0.1#10.140)