Obat TB disalurkan ke RS Paru

Kamis, 01 Maret 2012 - 08:56 WIB
Obat TB disalurkan ke...
Obat TB disalurkan ke RS Paru
A A A
Sindonews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Jember membatalkan rencana untuk memusnahkan dua kontainer obat tuberkulosis (TB) bantuan Kementrian Kesehatan.

Menurut Kepala Bagian Humas Dinkes Yumarlis, obat tersebut tetap didistribusikan untuk masyarakat. “Tapi bila sampai bulan Juli mendatang masih ada sisa, sesuai koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, obatobatan tersebut bisa didistribusuikan ke kabupaten lain yang membutuhkan,” kata Yumarlis.

Seperti diketahui,sebelumnya Dinkes berencana mengembalikann atau memusnahkan obat TB bantuan Kemenkes. Selain stok obat masih mencukupi, ada dugaan obatobatan yang kini tersimpan di gudang farmasi Dinkes itu sudah kedaluwarsa.

“Obat TB itu sebenarnya akan didistribusikan untuk 49 puskesmas se-Jember.Namun karena stok masih cukup, jadi obat sebanyak ini kita simpan di gudang,” kata Kepala Gudang Farmasi Dnkes di Jalan Ciliwung, Jember,Yeni Artanjung.

Dia memastikan bahwa obat-obatan ini belum kedaluwarsa. Di gudang farmasi saat ini terdapat 1.824 paket atau 114 boks obat TB yang rencananya juga akan disalurkan untuk Rumah Sakit Paru Provinsi Jatim di Jember. Seluruh obat anti-TB itu merupakan Buffer Stok Nasional kategori I dengan masa kedaluwarsa hingga Juni 2013.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes Murti Utami mengakui ada bantuan obat yang ditolak Dinkes Jember karena stok obat yang mencukupi kebutuhan hingga 12 bulan ke depan.Namun dia memastikan bahwa masa kedaluwarsa obat bantuan itu hingga Februari 2013. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0636 seconds (0.1#10.140)