Lagi, 17 orang terjebak di lift Empire Palace

Minggu, 26 Februari 2012 - 15:49 WIB
Lagi, 17 orang terjebak di lift Empire Palace
Lagi, 17 orang terjebak di lift Empire Palace
A A A
Sindonews.com - Untuk kali kedua, lift di gedung Empire Palace yang berada di Jalan Bubutan macet. Sebanyak 17 orang terkunci di dalam lift selama dua jam.

Korban yang terjebak di dalam lift merupakan tamu acara pernikahan yang ada di lantai 4 gedung Empire Palace. Sekitar pukul 10.05 WIB, para tamu yang hendak turun ke lantai satu tiba-tiba dikagetkan dengan berhentinya lift di lantai 2.

Mereka tak bisa berbuat banyak ketika lampu dan air conditioner (AC) mulai mati. Satu-satunya kesempatan yang bisa dilakukan para tamu yang terjebak di dalam lift adalah menghubungi kerabat dan teman yang ada di luar.

Upaya itu membuahkan hasil setelah tamu lainnya berupaya mencari petugas untuk segera mengevakuasi tamu yang terjebak di dalam lift.

Petugas sendiri baru bisa mengevakuasi setelah dua jam. Evakuasi dilakukan dengan cara membuatkan lubang berukuran 60 x 40 cm tepat di atas lift. Setelah berhasil membuat lubang, akhirnya para korban bisa dievakuasi dengan selamat.

Ketika dievakuasi, seluruh korban dalam kondisi selamat. Cuma ada satu tamu yang terluka di bagian tangan saat dievakuasi. Pihak Empire Palace langsung meminta maaf kepada korban dan memberikan pelayanan yang diperlukan kepada mereka.

Rektor IAIN Sumatera Utara Prof Dr Fadel Lubis yang juga salah satu tamu yang terjebak di lift mengaku panik ketika semua tombol khususnya untuk emergency call tidak berfungsi. “Lha, untung saja ada yang bawa handphone, jadi bisa menghubungi keluar untuk minta bantuan,” ujarnya, Minggu (26/2/2012).

Falencia Anderson, tamu lainnya mengaku ketika lift tak bisa berjalan semua orang yang terjebak terus berdoa. Saat itu dia sedang menghadiri acara pernikahan di lantai 4 dan akan turun ke lobby. Pada saat menaiki lift sebelah barat, tiba-tiba lift yang dinaiki 17 orang tersebut mendadak terhenti.

“Kami bingung, tak sempat tahu detail itu di lantai berapa, tapi yang pasti sudah mau turun ke lantai satu,” jelasnya.

Sementara itu, manajemen Empire Palace membantah keras kalau penyebab macetnya lift yang menjebak 17 orang karena kelebihan beban.

Kepala Bagian Hukum Empire Palace Edward S Joyo Santoso mengatakan, saat ini tim teknisi masih menyelidiki lift yang bermasalah tersebut.
“Tak mungkin kelebihan beban, kapasitasnya 24 orang. Lha, yang naik lift hanya 17 orang,” ungkapnya.

Ketika mendengar adanya tamu yang terjebak di lift, dia mengaku kaget kenapa lift tersebut beroperasi. Pasalnya, lift yang lokasi berdampingan dengan lift yang pernah mengalami kemacetan beberapa bulan lalu itu dalam kondisi perawatan.

“Kita tidak tahu, apakah ada kesalahan teknis atau ada kekeliruan, masih dicek oleh teknisi. Yang penting tidak sampai menimbulkan korban,” tegasnya.

Lift yang menjebak 17 orang termasuk 3 WNA asal Brazil itu keluaran tahun 2006. Dengan adanya kejadian ini, termasuk lift yang macet pada beberapa bulan lalu, manajemen melakukan penambahan lift baru. “Kalau sebelumnya, macet akibat banyak tangan yang ikut memencet tombol,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Minggu (16/10) lalu puluhan peserta acara pelantikan ketua DPD Gema MKGR Jatim juga terjebak di dalam lift Empire Palace.
Mereka terjebak dalam lift saat akan turun ke lobby selama tiga jam.

Waktu itu, puluhan orang yang terjebak di dalam lift selama hampir 3 jam itu berhasil dievakuasi ke lantai 1 setelah lift yang macet diperbaiki oleh teknisi Empire Palace.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9893 seconds (0.1#10.140)