Esemka berangkat ke Jakarta, Jokowi tak ikut

Jum'at, 24 Februari 2012 - 10:21 WIB
Esemka berangkat ke Jakarta, Jokowi tak ikut
Esemka berangkat ke Jakarta, Jokowi tak ikut
A A A
Sindonews.com - Rombongan Esemka atau Tim Rajawali mulai meninggalkan Solo Technopark (STP) di Solo, Jawa Tengah, tepat pukul 09.30 WIB, Jumat (24/02/2012).

Tim menempuh rute darat dari Solo menuju Jakarta dalam rangka memperoleh sertifikat uji emisi. Prosesi melepas rombongan memberi semangat keberhasilan mobil fenomenal ini melenggang mulus menjadi mobil nasional.

Ragam persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari hingga keberangkatan mobil pagi ini. Ratusan peserta didik di Kota Bengawan turut mengantarkan rombongan keluar area STP. Fragmen tari buto (raksasa) dan Kusumayuda memberikan semangat Tim Rajawali menempuh rute 600 km menuju Jakarta.

Tim Rajawali terdiri rombongan voorijder, mobil Esemka AD 1 A yang dikemudikan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dan bus wartawan. Anggota DPR Roy Suryo ikut dalam rombongan di mobil Esemka.

Sayangnya, Wali Kota Solo Joko Widodo memilih untuk tidak menyertai rombongan. Pria yang menjabat kepala daerah Kota Solo ini berencana langsung ke lokasi uji emisi setelah menyelesaikan tugas-tugasnya.

"Saya akan menyusul, karena masih ada tugas-tugas. Pantauan banjir dan sebagainya. Solo tidak boleh kosong kepemimpinan," kata dia di Solo, Jumat (24/2/2012).

Selama perjalanan, Tim Rajawali disertai teknisi dan personel kesehatan pemerintah daerah terkait. Tim dijadwalkan sampai Jakarta, Sabtu (25/02/2012). Di Ibu Kota, rombongan Esemka memenuhi undangan sejumlah perusahaan media massa. Baru kemudian pada Senin (27/02/2012) uji emisi dilakukan di Balai Thermodinamika Mobil dan Propulsi (BTMP) di Serpong, Tangerang.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3186 seconds (0.1#10.140)
pixels