Senapan dan ciu masuk rutan

Rabu, 22 Februari 2012 - 09:04 WIB
Senapan dan ciu masuk rutan
Senapan dan ciu masuk rutan
A A A
Sindonews.com – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surakarta kemarin digegerkan dengan ulah dua pembesuk yang mencoba ”menyelundupkan” senapan dan minuman keras. Peristiwa tersebut bermula saat Sri Widodo sipir rutan melakukan prosedur tetap pengamanan dengan menggeledah barang bawaan milik pembesuk.

Penggeledahan dilakukan di pos pengamanan. Dia kaget ketika memeriksa tas yang dibawa Karno, 45, warga Polosorejo RTII/RW02 Matesih, Karanganyar. Di dalam tas hitam tersebut ditemukan sepucuk senapan angin jenis vio ultra.

Karno yang hendak membesuk saudaranya Budi, narapidana kasus judi di Blok B kemudian langsung diringkus bersama barang bukti senapan dan lima butir peluru.

Karno yang mengaku atlet tembak berdalih senjatanya itu biasanya dipakai untuk olahraga menembak. Karena ulahnya, dia langsung digelandang ke Mapolres Surakarta untuk dimintai keterangan terkait motif membawa senapan ke areal rutan.

Kepala Keamanan Rutan Kelas I Surakarta Oga Darmawan menjelaskan,Karno sempat ditanyai sipir penjara beberapa saat sebelum akhirnya diserahkan polisi. Polisi lebih berwenang memproses kasus tersebut sekaligus mendalami motif Karno sebenarnya.

”Apa pun itu, kalau membawa benda berbahaya sangat dilarang di dalam rutan.Apalagi sampai membawa senjata. Penjara memang harus steril dari benda semacam itu,” kata Oga Darmawan kemarin.

Dikatakannya, Karno sempat berdalih memiliki izin memegang senapan tersebut. Kepada petugas, Karno pun menunjukkan kartu anggota klub olahraga tembak.

”Di sini hanya menangkap adanya indikasi tersebut. Silakan yang bersangkutan menunjukkan bukti-bukti itu ke polisi,”ujarnya.

Selang satu jam kemudian, sipir penjara kembali meringkus pembesuk nyeleneh.Ragil Noviastuti, warga Kartasura, Sukoharjo kedapatan membawa minuman keras (miras). Barang haram tersebut diselundupkan ke dalam rutan dengan dicampur makanan.

Petugas curiga karena dari bungkusan makanan tersebut muncul bau alkohol yang menyengat langsung menangkap Novi.

”Dia rencananya membesuk tahanan perkara pencurian bernama Devianto. Namun, saat digeledah di ruang pemeriksaan, ditemukan ciu dalam makanan yang akan dia bawa,”ujarnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4541 seconds (0.1#10.140)