Terduga suspect flu burung dirawat di RS

Minggu, 19 Februari 2012 - 21:05 WIB
Terduga suspect flu burung dirawat di RS
Terduga suspect flu burung dirawat di RS
A A A
Sindonews.com - Salah seorang warga Petamanan Kecamatan Bugul Kidul yang diduga terjangkit virus flu burung dibawa ke Rumah Sakit Purut Kota Pasuruan Sabtu (18/2/2012).

korban dilarikan ke rumah sakit karena gejala batuk, pilek dan sesak napasnya bertambah parah. Korban P (50) adalah salah satu dari lima warga yang diduga terjangkit virus flu burung yang menyerang Kelurahan Petamanan minggu ini.

Menurut KJ (52) suami korban yang turut mendampingi di rumah sakit mengatakan bahwa kondisi istrinya semakin menurun tadi malam,dan pagi tadi langsung dibawa ke Rumah Sakit R Soedarsono Kota Pasuruan. Seperti diketahui akibat virus flu burung yang menyerang Kelurahan Petamanan, lima orang warga mengalami gejala batuk, pilek, demam serta sesak nafas.

Kelima warga tersebut sudah diperiksa dan diambil sample darah serta cairan hidungnya untuk memastikan apakah positif terjangkit virus H5N1 tersebut.

Namun dari lima warga yang dirawat jalan di rumah masing-masing itu, hanya korban P yang mengalami penurunan kondisi.

Ironisnya penanganan pasien suspect flu burung di Rumah Sakit Purut Kota Pasuruan terkesan lambat, karena korban ditangani dan dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) bercampur dengan pasien umum lainnya. Padahal banyak pasien dan pengunjung yang tidak mengenakan masker.

Dokter jaga yang bertugas pun terkesan tidak tanggap meskipun ia mengetahui kalau pasien tersebut rujukan dari puskesmas yang dicurigai terjangkit flu burung. Bahkan salah satu rekan media yang hendak meminta masker di ruang IGD pun tidak diberi dan dikatakan habis, padahal stock masker di IGD masih ada.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Sugeng Winarto mengatakan, P selanjutnya akan dirujuk ke RSSA malang karena Rumah Sakit R Soedarsono kota pasuruan tidak mempunyai peralatan yang lengkap untuk menangani pasien flu burung. sementara ke empat warga lainnya kondisinya masih stabil dan tetap dirawat di rumah masing-masing tambah sugeng.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)