Gunung Lokon meletus, warga waspada

Jum'at, 10 Februari 2012 - 10:23 WIB
Gunung Lokon meletus, warga waspada
Gunung Lokon meletus, warga waspada
A A A
Sindonews.com - Gunung Lokon yang terletak di dekat Kota Tomohon, Sulawesi Utara hari ini Jumat (10/2/2012) sekira pukul 08.20 WIT meletus.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi diikuti suara gemuruh, abu letusan berwarna kelabu tebal.

Tinggi kolom asap letusan Gunung Lokon 2.000 meter dari Kawah Tompaluan, tertiup angin ke arah Tenggara.

"Direkomendasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan. Masyarakat diimbau untuk terus waspada dan mempersiapkan segala hal jika ada peningkatan aktivitas gunung Lokon," kata Sutopo dalam siaran persnya, Jumat (10/2/2012).

Menurut Sutopo, pihak badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara telah melapor ke Gubernur dan instansi lain dan tetap melakukan pemantauan/pengecekan di lokasi dengan menurunkan petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk terus waspada dan mempersiapkan segala hal jika ada peningkatan aktivitas gunung Lokon. "Semoga tidak terjadi hal yang kita inginkan," tutup Sutopo.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3019 seconds (0.1#10.140)