Marak kecelakaan, polisi razia bus antarkota

Rabu, 08 Februari 2012 - 10:31 WIB
Marak kecelakaan, polisi razia bus antarkota
Marak kecelakaan, polisi razia bus antarkota
A A A
Sindonews.com - Banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas dengan menelan korban jiwa yang melibatkan bus antarkota, mendapat perhatian khusus dari Polda Jatim.

Rabu pagi ini tim PJR Polda Jatim melakukan sweeping terhadap sejumlah bus antarkota yang melintas di jalan tol Surabaya-Gempol. Puluhan bus terjaring dalam sweeping tersebut.

Dari pantauan, seluruh armada bus yang melalui jalan tol Surabaya-Gempol, dihentikan polisi yang melakukan sweeping. Tidak hanya dicek kelengkapan dokumen kendaraan dan pengemudi, dalam razia itu polisi juga memeriksa kondisi pengemudi bus.

AKP Anwar Sudjito, Kanit PJR Tol Polda Jatim mengatakan, sweeping di jalan tol ini sengaja dilakukan sebagai upaya menekan kecelakaan yang melibatkan bus antarkota yang sering terjadi dalam waktu sepekan terakhir ini.

Dia menjelaskan, dalam waktu tidak lebih dari dua jam, polisi berhasil menjaring lebih dari 10 bus yang terindikasi melakukan pelanggaran. "Pelanggaran mulai dari tidak membawa kelengkapan dokumen SIM, hingga pelanggaran kecepatan yang dilakukan pengemudi bus," terang Anwar, Rabu (8/2/2012).

Dalam sweeping itu, polisi langsung memberikan surat tilang untuk diproses di pengadilan kepada pengemudi bus yang melanggar.

Rencananya, sweeping bus antarkota ini akan dilakukan jajaran Polda Jatim secara berkala setiap hari, dengan sasaran sejumlah titik jalan yang dianggap rawan kecelakaan dan pelanggaran.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3376 seconds (0.1#10.140)