Pilot Lion Air nyabu bikin masyarakat was-was

Sabtu, 04 Februari 2012 - 17:01 WIB
Pilot Lion Air nyabu bikin masyarakat was-was
Pilot Lion Air nyabu bikin masyarakat was-was
A A A
Sindonews.com - Penangkapan pilot Lion Air SS (44) oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Hotel Garden Palace, Jalan Yos Sudarso, Surabaya. Tentunya hal ini membuat khawatir masyarakat pengguna angkutan udara karena dianggap menyepelekan keselamatan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulloh Yusuf mengaku prihatin dengan kejadian tertangkapnya pilot Lion Air yang kedapatan 'nyabu' di Hotel Garden Palace, Surabaya. Menurut Gus Ipul (sapaan Saifulloh Yusuf), maskapai penerbangan harus melakukan pemeriksaan ketat terhadap para pilotnya.

"Jangan hanya penumpang saja yang melewati pemeriksaan ketat. Kalau perlu, pilot juga harus diperiksa. Khawatir kasus seperti ini terulang dan berharap ini adalah kali terakhir," kata Gus Ipul menanggapi tertangkapnya Pilot S saat dirazia oleh BNN, Sabtu (4/1/2012).

Dia mengatakan, pekerjaan sebagai Pilot tentunya harus bisa melindungi dan membawa kenyamanan bagi penumpang. Dengan menggunakan sabu ini malah sebaliknya membahayakan penumpang. Jika kejadian seperti ini terulang lagi, tentunya akan membuat was-was para pengguna angkutan udara itu.

Mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) ini meminta agar maskapai penerbangan lebih memperhatikan pilot maupun awak pesawatnya, terutama yang berkaitan dengan narkoba. Termasuk harus ada pemeriksaan ketat terhadap pilot di bandara.

Pengelola Hotel Garden Palace di Surabaya membenarkan adanya penangkapan seorang tamu hotel. Pihak hotel menyatakan Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan surat penangkapan sebelum melakukan penggerebekan.

"Sebelum melakukan penangkapan, petugas BNN menunjukkan surat tugas mereka kepada pihak hotel . Tamu hotel yang ditangkap BNN berada di dalam kamar 2109. Pihak hotel masih melakukan pendataan,” ucap Legal Officer Hotel Garden Palace Heri Siswanto saat dimintai keterangan.

Berdasarkan data dari BNN, seorang pilot sebuah maskapai penerbangan swasta ditangkap petugas BNN di Hotel Garden Palace, Surabaya. Tersangka ditangkap beserta barang bukti sabu seberat 0,4 gram. Selain itu, petugas juga menyita bong atau alat pembakar sabu.

Menurut BNN, penangkapan ini adalah pengembangan kasus Makassar dengan pelaku juga seorang pilot yang ditangkap beberapa waktu lalu. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3941 seconds (0.1#10.140)