Hari Pers Nasional, KWB bantu pelajar miskin

Jum'at, 03 Februari 2012 - 22:48 WIB
Hari Pers Nasional, KWB bantu pelajar miskin
Hari Pers Nasional, KWB bantu pelajar miskin
A A A
Sindonews.com - Puluhan siswa dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bangkalan, yang berprestasi dan tidak mampu dari sisi ekonomi, mendapat bantuan dari Komunitas Wartawan Bangkalan (KWB).

Pemberian bantuan dilakukan dalam rangka mengisi perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2012.

Adapun sebagian besar siswa yang mendapat bantuan, adalah mereka yang baru duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Tidak hanya memberi bantuan pada siswa, KWB juga memberikan bantuan yang sama kepada dua orang guru yang mempunyai dedikasi tinggi, dalam memperjuangkan pendidikan di Kabupaten Bangkalan.

Bantuan untuk siswa tidak mampu tersebut, secara langsung diberikan oleh Wakil Bupati Bangkalan KH Syafik Rofii, yang hadir langsung dalam acara pembukan HPN 2012 di Gedung Olahraga (GOR) Sultan Abdul Kadirun (SAKA), Jalan Halim Perdana Kusuma, Bangkalan, Jumat (3/2/2012).

Ketua panitia HPN 2012, Ismail Hasyim menyatakan, untuk peringatan kali ini lebih difokuskan pada masalah pendidikan, terutama bagi kalangan siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Itupun tidak asal-asalan, karena terlebih dulu dilakukan seleksi bagi penerima bantuan tersebut.

“Untuk bantuan yang kami berikan, paling tidak bisa membuat para siswa tersebut senang. Tidak etis kalau kami sebut secara rinci,” ujarnya.

Ismail menjelaskan, salah satu siswa yang mendapat bantuan dan diapresiasi oleh KWB adalah seorang anak pemulung, yang mempunyai tekad kuat untuk sekolah. Usai sekolah, siswa tersebut mengikuti jejak ibunya, bekerja untuk memungut sampah dari tiap tong sampah yang ada di tiap sudut kota.

Siswa tersebut bernama Faisal Bisrin, yang sehari-hari mengenyam pendidikan di bangku kelas V SDN Keraton VI. Dia bersama ibunya, sudah menjadi tulang punggung keluarga, karena sang bapak sudah tidak bisa lagi bekerja, lumpuh akibat penyakit yang diderita.

“Siswa tersebut juga kami abadikan, menjadi film dokumenter. Ini potret nyata dunia pendidikan di sini,” urainya.

Ismail menambahkan, selain memberikan bantuan kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu. Pihaknya juga menyelenggaran turnamen futsal, tingkat sekolah menengah atas dan sederajat, yang memperebutkan Piala KWB II. Ada sebanyak 12 tim yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

“Semua kami gelar dalam rangka memperingati HPN 2012, dengan tujuan utama peduli pada sesama,” terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangkalan KH Syafik Rofii dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan dari KWB yang peduli dalam bidang pendidikan. Menurutnya, untuk menciptakan kualitas pendidikan yang unggul dan merata, merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Termasuk dari kalangan jurnalis, yang juga harus berperan aktif dalam masalah pendidikan. Kami sangat apresiasi dengan acara ini (HPN),” ucapnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8176 seconds (0.1#10.140)