Jembatan tugu Soeharto dibangun permanen

Kamis, 02 Februari 2012 - 10:45 WIB
Jembatan tugu Soeharto dibangun permanen
Jembatan tugu Soeharto dibangun permanen
A A A
Sindonews.com - Jembatan Tugu Soeharto yang menghubungkan Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur dengan Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, rencananya akan mulai diperbaiki pada April 2012.

Mulai Selasa (31/1) akses jembatan tersebut sementara waktu ditutup untuk kendaraan roda dua maupun pejalan kaki. Ini dikarenakan fondasinya retak tergerus aliran Sungai Kaligarang dan Kali Kreo beberapa hari terakhir ini.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga KotaSemarangMochammadSolichin menginformasikan perbaikan jembatan gantung sepanjang 60 meter di kawasan Tugu Soeharto ini sudah dianggarkan dalam APBD 2012 senilai Rp4 miliar.

Jembatan ini diperkirakan selesai dengan pengalokasian dua anggaran, yakni ditambah Rp2 miliar dari APBD Perubahan 2012 nanti. "Saat ini baruprosespengumumanlelang untuk pembangunan jembatan tersebut," ujar Solichin, kemarin.

Jembatan gantung di atas Sungai Kaligarang sepanjang 60 meter itu akan diganti dengan jembatan beton permanen dengan lebar sekitar 3 meter.

Sebelum jembatan gantung dibongkar, pihaknya meminta PT Wijaya Karya selaku pengembang yang melakukan proyek normalisasi Sungai Kaligarang untuk membangun angkutan sementara di fondasi jembatan. Selain Jembatan Gantung Tugu Soeharto, tahun ini juga akan dibangun Jembatan Kalipancur yang membutuhkan anggaran Rp8 miliar dan Jembatan Tinjomoyo senilai Rp4 miliar.

Solichin menambahkan,setidaknya tahun ini sebanyak 225 titik jalan di Kota Semarang akan diperbaiki. Sebanyak 25 titik di antaranya memiliki nilai proyek di atas Rp500 juta.

Total anggaran di Bina Marga tahun ini mencapai Rp174,3 miliar, termasuk yang berasal dari APBD Provinsi Jateng dan APBN. Pantauan di lokasi, jembatan ada di belakang SPBU Sampangan itu masih ditutup. Petugas dari PT Wijaya Karya menutup jembatan dengan teralis besi. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4365 seconds (0.1#10.140)