Ratusan rumah diterjang puting beliung

Selasa, 31 Januari 2012 - 00:53 WIB
Ratusan rumah diterjang puting beliung
Ratusan rumah diterjang puting beliung
A A A
Sindonews.com - Angin puting beliung menyapu ratusan rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Angin kencang yang disertai hujan deras tersebut memporak-porandakan sekira 147 rumah.
Akibat angin tersebut, dua orang terluka. Dalam musibah ini kerugian ditafsir mencapau ratusan juta rupiah. Terjangan angin puting beliung menerbangkan atap dan dinding rumah warga hingga puluhan meter.

Dua orang warga yang sedang terlelap dalam tidur terluka akibat terkena reruntuhan rumah mereka. Menurut Gandeng, salah seorang warga yang rumahnya rusak, dia tidak menyangka akan tertimpa musibah ini. Menurutnya tidak ada tanda-tanda alam sebelum kejadian angin puting beliung yang melanda kampungnya itu.

“Saya kaget, sedang tidur tiba-tiba ada suara gemuruh seperti suara mobil besar, ternyata itu angin kencang. Ketika saya keluar dinding dan atap rumah saya sudah berterbangan,” ujarnya menjelaskan, Senin (30/1/2012).

Tidak adanya tempat pengungsian membuat warga harus tinggal di rumah-rumah kerabat mereka. Bahkan ada yang terpaksa tinggal di reruntuhan rumah, sambil mengumpulkan sisa bangunan rumah mereka yang dibawa terbang angin puting beliung. Barang peralatan rumah tangga milik warga masih terlihat berserakan di jalan.

Warga berharap agar pemerintah segera menyalurkan bantuan bahan bangunan agar warga bisa membangun kembali rumah mereka. Sementara itu, pemerintah setempat mengaku telah memberikan bantuan awal berupa makanan.

“Kami baru bisa memberikan bantuan awal berupa makanan, untuk bantuan lainnya speerti, bahan bangunan kita tunggu dulu data berapa keugian dan apa yang dibutuhkan masyarakat,” kata Wakil Bupati Pangkep, Abdul Rahman Assegaf di lokasi bencana.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5963 seconds (0.1#10.140)