Antrean truk mengular di Bakauheni

Sabtu, 28 Januari 2012 - 11:22 WIB
Antrean truk mengular di Bakauheni
Antrean truk mengular di Bakauheni
A A A
Sindonews.com - Cuaca buruk dan gelombang tinggi di Selat Sunda mengakibatkan antrean panjang kendaraan truk yang akan menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Antrean tersebut mengular hingga Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) karena waktu pelayaran dan sandar kapal yang lebih lama di pelabuhan yang terletak di ujung Pulau Sumatera itu.

Antrean kendaraan akibat cuaca buruk didominasi oleh truk angkutan barang. Salah seorang sopir truk, Burhanudin, mengaku terjebak antrean sejak Jumat, kemarin. "Kalau terjebak antrean seperti ini, sudah tidak dapat berbuat apa-apa lagi," kata dia, Jumat (28/1/2012).

Akibat antrean panjang, para awak kendaraan harus menanggung biaya perjalanan yang lebih besar, terutama untuk biaya makan, yang otomatis mengurangi pemasukan mereka.

Jumlah armada penyeberangan yang melayani jalur Pelabuhan Bakauheni- Merak dan sebaliknya berkurang drastis akibat cuaca buruk. Pengurangan biasanya terjadi pada malam hari dari 25 armada feri, menjadi 13 kapal yang tetap melayani penyeberangan.

Manajer Operasional Indonesia Feri cabang Bakauheni Heru Purwanto mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup ekstrem dalam sepekan terakhir. Menurut dia, 12 kapal itu tidak dioperasikan karena memang tidak memungkinkan menghadapi cuaca buruk.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6156 seconds (0.1#10.140)