1/3 penderita kusta di Indonesia ada di Jatim

Sabtu, 28 Januari 2012 - 10:41 WIB
1/3 penderita kusta...
1/3 penderita kusta di Indonesia ada di Jatim
A A A
Sindonews.com - Pada tahun 2010, sepertiga penderita kusta di Indonesia ada di Jawa Timur atau setara dengan 4.653 penderita. Sedangkan hingga September 2011 ditemukan penderita baru sebanyak 4.142 penderita.

Angka itu menempatkan Indonesia di urutan ke tiga terbesar dunia untuk jumlah penderita setelah India dengan angka 126.800 orang dan Brazil di angka 34.894 penderita.

Jumlah tersebut merupakan 30 persen dari jumlah penderita Kusta di Indonesia yang jumlahnya mencapai 17 ribu orang. Dengan demikian, jika jumlah di Jatim menurun maka jumlah nasional juga akan turun drastis.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Budi Rahayu, endemi penyakit kusta adalah menyebar di kawasan Pantai Utara Jawa dan Madura. Seperti Gresik, Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo.

Besarnya penderita kusta ini disebabkan keterlambatan untuk melakukan pengobatan secara dini. Untuk menekan angka tersebut, Dinkes Jatim melakukan gerakan Rapid Village Survey (RVS) guna menemukan sedini mungkin penderita.

"Dinkes juga melakukan inovasi untuk memutus mata rantai penyakit ini dengan pemeriksaan serologis dan pengobatan pada kontak (orang) di sekeliling penderita,” katanya, Sabtu (28/1/2012). "Di Jawa Timur ditemukan 14 persen penderita yang terlanjur cacat," tambahnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, upaya-upaya pencegahan dari masyarakat sendiri sangat penting untuk menghalau penyakit ini. Di antaranya adalah membiasakan diri berprilaku hidup bersih dan sehat. Dan juga memberikan kesadaran kepada masyarakat agar terbuka. Hal itu memudahkan pendataan dan memberikan penanganan lebih lanjut.

Stigma yang terbangun di masyarakat, lanjutnya, masih salah kaprah. Yakni menganggap bahwa penyakit ini adalah 'penyakit kutukan'. "Hingga saat ini belum ditemukan penangkal penularan penyakit kusta ini," tukasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0589 seconds (0.1#10.140)