Gedung SD ambruk diterjang angin kencang

Jum'at, 27 Januari 2012 - 03:26 WIB
Gedung SD ambruk diterjang angin kencang
Gedung SD ambruk diterjang angin kencang
A A A
Sindonews.com - Ruang kelas I SDN Tlagah III, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan ambruk, Kamis dini hari kemarin. Diduga kuat, bangunan kelas yang juga memang telah berusia uzur tersebut, ambruk akibat diterjang angin kencang yang disertai dengan hujan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam ambruknya sekolah tersebut, karena saat kejadian malam hari, tidak ada siswa yang sedang mengikuti proses belajar mengajar. Kini, siswa kelas I tersebut tetap nekad masuk sekolah dan menempati ruang kelas yang sudah ambruk.

Kepala Sekolah (Kasek) SDN Tlagah III, Miftahul Huda, menyatakan tidak tahu pasti kronologis kejadian ambruknya sekolah tersebut. Sebab, terjadi tengah malam dan baru diketahui oleh penjaga sekolah saat pagi hari. Selanjutnya, runtuhan material bangunan dibersihkan dan ruang kelas di tempati untuk belajar.

“Ya kemungkinan besar kena angin, di mana pada malam hari sebelum kejadian, cuaca kurang mendukung,” ujarnya, kemarin.

Miftahul menjelaskan, siswa kelas I yang ruang kelasnya sudah ambruk, tetap menjalani aktivitas belajar, meski dengan kurang nyaman dan rasa kuatir ambruk lagi. Menurutnya, secara keseluruhan situasi belajar mengajar tidak ada kendala, masih berjalan seperti biasa.

Dia mengaku, kejadian tersebut sudah dilaporkan ke dinas pendidikan setempat. Harapannya, agar ada solusi untuk memikirkan ruang kelas yang ambruk, sehingga situasi belajar mengajar kembali norma. Demikian juga dengan siswa, tidak lagi kuatir dan takut masuk sekolah.

“Secara lisan sudah memberitahu kejadian ini kepada dinas. Selanjutnya, kami akan laporan langsung ke sana, biar semuanya jelas,” ungkapnya.

Miftahul berharap agar ruang kelas yang ambruk tersebut, segera diperbaiki atau dibangun lagi. Menurutnya, kalau dibiarkan masih seperti sekarang yang ambruk, dia kuatir akan terjadi ambruk susulan hingga menyebabkan korban.

“Untuk harapan kita, ya segera diperbaiki biar tidak sampai terjadi yang tidak diinginkan. Terpenting, agar situasi belajar mengajar berjalan lancar,” urai Miftahul.

Sementara itu, anggota komisi D DPRD Bangkalan, Sofiullah Syarif menyatakan, oihak terkait untuk segera membangun dan memperbaiki sekolah yang ambruk tersebut. Sebab, di situ terdapat puluhan nyawa siswa yang jadi taruhan, kalau sampai terjadi ambruk susulan.

“Saya mendorong agar sekolah tersebut segera dibangun. Biar siswa mendapat sarana belajar yang layak,” ucapnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4159 seconds (0.1#10.140)