Massa bakar Kantor Bupati Bima

Kamis, 26 Januari 2012 - 14:34 WIB
Massa bakar Kantor Bupati...
Massa bakar Kantor Bupati Bima
A A A
Sindonews.com - Situasi di Bima, Nusa Tenggara Barat, kebali memanas. Sejumlah gedung pemerintah dibakar massa yang diduga berasal dari penolak penambangan yang dilakukan PT Sumber Mineral Nusantara sekira pukul 15.00 WiTA.

“Api masih menyala dan asap hitam membumbung tinggi di Kantor Bupati Bima akibat dibakar massa,” kata Syahbuddin, warga Bima, saat dihubungi okezone, Kamis (26/1/2012).

Dia menjelaskan, pembakaran tersebut dilakukan karena massa meminta Bupati Bima mencabut izin penambangan perusahaan tersebut. “Kemungkinan sampai saat ini bupati belum mencabutnya, sehingga warga marah,” tandasnya.

Saat ini, tambahnya, situasi di kota Bima mencekam. “Massa masih berada di jalan dan polisi tidak bisa berbuat apa-apa,” tegasnya.

Sebelumnya, polisi terlibat bentrok dengan massa di Pelabuhan Sape, NTB pada Sabtu 24 Desember 2011 lalu. Massa yang terdiri dari warga dan mahasiswa yang berunjuk rasa menolak pengesahan surat izin pertambangan yang dikeluarkan Bupati Bima.

Massa sempat menutup pelabuhan Sape sebagai bentuk kekecewaan dari terbitnya surat izin tersebut yang berdampak pada pencemaran mata air di wilayah mereka.

Kericuhan terjadi saat polisi berusaha mengurai massa. Dua orang peserta aksi bahkan tewas diduga akibat dianiaya polisi. Polisi sudah menetapkan lima orang petugas sebagai terperiksa.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)