Mobil Esemka test drive lintas provinsi

Selasa, 17 Januari 2012 - 16:25 WIB
Mobil Esemka test drive lintas provinsi
Mobil Esemka test drive lintas provinsi
A A A
Sindonews.com - Persiapan uji emisi mobil Esemka bakal diawali dengan menempuh perjalanan di medan lintas provinsi. Kemantapan mesin dan fisiknya menjadi bekal supaya produk otomotif anak negeri ini bisa melenggang mulus di tahap awal kelaikan jalan.

"Akan di test drive pak Wawali (Rudy) dahulu. Mubeng (berputar) Tawangmangu, Magetan, Ponorogo, Wonogiri sebelum ke sana (test drive di Jakarta)," kata Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Selasa (17/1/2012).

Dijelaskan dia, persiapan fisik mobil inilah yang menyebabkan rencana keberangkatan uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Populasi (BTMP) tertunda beberapa kali.

"Saat ini penggarap mobil Esemka tengah menyempurnakan sistem pengapian dan penyaringan pada mesin mobil. Ini supaya kinerja mesin meminimalisasi produksi gas buang selama perjalanan dari Solo ke Jakarta. Selain menyempurnakan bagian tersebut, tim penggarap juga memoles performa produk otomotif itu," tambahnya.

Selain itu, untuk bagian knalpot, saringan dan lainnya juga akan dilakukan pengecekan. Hal itu dimaksudkan agar suara mesin tetap halus dan tidak ada asapnya. Test drive akan memakai prototipe mobil Esemka yang sempat digunakan sebagai mobil dinas.

"Nganggo nomer AD 1," kata dia saat menjawab pertanyaan wartawan tentang risiko belum lengkapnya sertifikasi laik jalan mobil Esemka untuk melaju di sarana perhubungan darat. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6534 seconds (0.1#10.140)