Gamawan Fauzi grogi lantik Atut-Rano Karno

Rabu, 11 Januari 2012 - 13:08 WIB
Gamawan Fauzi grogi...
Gamawan Fauzi grogi lantik Atut-Rano Karno
A A A
Sindonews.com - Prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Atut Chosiyah dan Rano Karno, diwarnai komentar segar dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Mendagri mengaku, keduanya merupakan orang populer. Atut, kata dia, adalah satu-satunya gubernur perempuan di Indonesia, sementara Rano Karno merupakan artis, mantan wakil wali kota, yang sangat dikenal warga. “Saya menjadi satu-satunya orang yang grogi (saat menyematkan tanda jabatan),” ujar Gamawan, Rabu (11/1/2012).

Dia melanjutkan, saat memasuki gedung DPRD respons masyarakat yang hadir di luar juga sangat tinggi. “Di luar saya melihat orang banyak yang ingin bersalaman, mengucapkan selamat, mengambil foto. Saya sempat berpikir Mendagri yang dieluk-elukkan, tapi ternyata pasangan gubernur dan wakil gubernurnya yang dieluk-elukkan masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, respons masyarakat merupakan modal penting karena kepercayaan kepada pemimpinnya akan membuat pembangunan berjalan lancar.

Rapat paripurna istimewa pelantikan gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Golkar, PDIP, Hanura, dan Gerindra ini semula diagendakan pukul 09.00 WIB, namun baru dimulai pukul 10.30 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB.

Rapat paripurna juga dihadiri Menko Kesra Agung Laksono, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, serta Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Gamawan menyebutkan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten juga paling banyak dihadiri gubernur dari daerah lain, yakni dari Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sumatera Selatan Alex Noerdin, serta gubernur lainnya.

Pasangan Atut dan Rano Karno yang diusung Partai Golkar, PDIP, PAN, Hanura, dan Gerindra, memenangkan pemilihan Gubernur Banten pada pemilukada yang digelar pada 24 Oktober 2011. Dalam sidang pleno KPU 30 Oktober 2012 disebutkan pasangan Atut-Rano unggul dengan menguasai 49,65 persen suara atau berhasil mengumpulkan 2.136.035 suara.

Sementara pasangan Wahidin Hilma-Irna Narulita yang diusung Partai Demokrat memperoleh 38,93 persen suara (1.674.957). Disusul Pasangan Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki yang diusung PKS dengan 11,42 persen (491.432).
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0160 seconds (0.1#10.140)