Jokowi urus uji emisi Esemka

Rabu, 11 Januari 2012 - 10:58 WIB
Jokowi urus uji emisi Esemka
Jokowi urus uji emisi Esemka
A A A
Sindonews.com - Wali Kota Solo Joko Widodo berencana berangkat ke Jakarta untuk mengurus uji emisi mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Kiat Esemka, Kamis besok.

Bersama dengan itu, mobil yang bakal diujikan kemungkinan besar akan diangkut dengan truk trailer.

"Pertimbangan keselamatan saja, mobil Esemka tidak dinaiki dari Solo, tetapi diangkut menggunakan truk trailer. Sebab, kalau dinaiki dari Solo, mesti memakai sistem pengawalan vooriders,” ungkap Jokowi panggilan akrab wali kota Solo ini saat dihubungi via telepon, Rabu (11/1/2012).

Saat ini Jokowi bersama Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sudah berada di Jakarta untuk keperluan dinas. Hanya saja, sore nanti sudah balik lagi ke Solo, karena harus menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kota Solo. Tetapi Kamis 12 Januari bertolak lagi ke Jakarta.

Terkait perizinan Esemka, Jokowi mengungkapkan saat ini tengah dalam penyelesaian seluruh perizinan yang dibutuhkan, di antaranya uji emisi. “Kalau perizinan dapat diselesaikan seluruhnya, tinggal berpikir bagaimana memproduksi secara massal,” jelasnya.

Sekadar diketahui keputusan Jokowi menunggangi mobil Kiat Esemka untuk urusan dinas telah membuat “latah” para pejabat di negeri ini. Mereka ramai-ramai menyatakan tertarik untuk memiliki mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo yang menggandeng perusahaan karoseri Kiat Klaten.

Namun, sikap latah kali ini harus dimaknai positif sebagai bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa di bidang automotif yang sudah lama dirindukan. Berkat langkah nyeleneh dan berani tampil beda dengan pejabat kebanyakan, Jokowi berhasil menggeret pamor Kiat Esemka yang sebelumnya hanya selalu dicibir.

Mobil produksi dalam negeri yang semula tak dilirik publik itu kini mendapat pujian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagaimana dituturkan Juru Bicara Presiden Julian Adrian Pasha, Rabu 4 Januari lalu.

Presiden bahkan menyalakan lampu hijau kepada Jokowi untuk menjadikan Kiat Esemka sebagai kendaraan dinas. “Presiden tidak melarang digunakan sebagai mobil dinas,” kata Juru Bicara Presiden Julian, baru-baru ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7398 seconds (0.1#10.140)