Pesawat tak dilengkapi kursi lontar

Jum'at, 06 Januari 2012 - 16:18 WIB
Pesawat tak dilengkapi kursi lontar
Pesawat tak dilengkapi kursi lontar
A A A
Sindonews.com-Pesawat latih milik TNI AU T-34C nomor lambung 3417 yang jatuh di dusun Jetis, Kedungsari, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah Jumat (6/1/2012) membuat warga setempat terkejut.

Menurut saksi di lapangan, sebelum jatuh pesawat itu terlihat berputar-putar dan seperti hendak mendarat. Tak lama kemudian pesawat itu terhentak di darat, tepatnya di area sawah lalu meluncur dengan kecepatan tinggi, akhirnya terhenti setelah menabrak pohon.

Polisi dan TNI AU dibantu warga masyarakat bahu-membahu untuk mengeluarkan pilot dari cockpit dalam kondisi terjepit. "Tadi keterangan saksi di lapangan pilot sudah dalam kondisi tidak bernyawa, pihak polres datang ke lokasi, korban sudah dikeluarkan dari cockpit," kata Wakapolres Magelang Ajun Komisaris Polisi Eko Hadi Prayitno kepada sindonews. Pesawat jenis T-34C memang tidak dilengkapi kursi lontar sehingga korban tak sempat menyelamatkan diri.

Sementara itu, Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adi Sutjipto itu mengatakan, pilot tengah melakukan profisiensi instruktur. Kegiatan itu semacam latihan rutin yang wajib dilakukan oleh setiap instruktur penerbang. Kapten Pnb Ali Mustofa (31) yang mejadi korban dalam insiden itu juga sedang melakukan kegiatan tersebut. Ali Mustofa merupakan salah satu instruktur di Sekolah Penerbang (Sekbang) di sana.

Dijelaskan, pesawat take off dari Lanud Adi Sutjipto sekira pukul 10.00 wib. Sedianya melakukan penerbangan satu sorti selama satu jam kemudian akan mendarat di Lanud Adi Sujtipto lagi. Pesawat sebelum digunakan sudah melalui check and recheck. Kondisi pesawat dinyatakan siap terbang.

"Pesawat dalam kondisi baik, tidak ada trouble, sudah dicek sebelumnya," kata Yuto. Korban tewas itu saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit TNI AU Harjo Lukito Yogyakarta. Namun belum diperoleh keterangan resmi mengenai kondisi pasti korban saat ini. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5183 seconds (0.1#10.140)