KSAU gagal wujudkan zero accident tahun ini

Jum'at, 06 Januari 2012 - 15:26 WIB
KSAU gagal wujudkan zero accident tahun ini
KSAU gagal wujudkan zero accident tahun ini
A A A
Sindonews.com-Belum lama ini, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat menyatakan, pihaknya berhasil mewujudkan target tanpa kecelakaan sepanjang tahun 2011. Tugas dan latihan operasional penerbangan berhasil dilewati mulus tanpa ada insiden kecelakaan.

Zero accident yang menjadi targetnya tahun lalu itupun sedianya akan direalisasikan di tahun 2012 ini. Tapi fakta bicara lain, memasuki awal tahun pesawat latih T-34 C jatuh di dusun Dusun Jetis, Kedungsari, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2012). Sang pilot, Kapen Pnb Ali Mustofa (31) tewas dalam kecelakaan itu.

Belum diketahui apa penyebabnya, namun dugaan kuat persoalan mesin pesawat. Kontak terakhir dengan pihak air traffict control (ATC) pesawat memang mengalami trouble.

Sang pilot sedianya mencoba melakukan pendaratan. Tapi entah lantaran apa, menurut saksi di tempat kejadian perkara (TKP) pesawat terlihat kembali terbang meski kemudian jatuh lagi dan meluncur di darat sekitar 50 meter dan menabrak pohon dengan kuat.

Wakapolres Magelang Ajun Komisaris Polisi (Kompol) Eko Hadi Prayitno menjelaskan, peristiwa itu terjaid pukul 10.30 WIB. Pihak kepolisian langsung berkoordinasi dengan TNI AU di Lanud Adi Sutjipto selanjutnya mengevakuasi korban.

"Yang melakukan evakuasi petugas Polsek Bandongan, bersama anggota AU dan dibantu masyarakat," kata Eko. Kondisi pilot masih di dalam cockpit dengan posisi terjepit. "Badannya utuh, hanya saja bagian kepala parah, mungkin karena benturan sangat kuat," tambahnya.

Saat melakukan evakuasi petugas tak mengalami kesulitan, karena badan pesawat sudah dalam keadaan hancur. Pihak kepolisian sendiri tak berani menduga-duga mengapa pesawat itu jatuh. Yang pasti, saat itu kondisi cuaca cukup cerah. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8396 seconds (0.1#10.140)