Merah-Putih berkibar di perbatasan Sebatik

Rabu, 04 Januari 2012 - 03:16 WIB
Merah-Putih berkibar di perbatasan Sebatik
Merah-Putih berkibar di perbatasan Sebatik
A A A
Sindonews.com - Bendera Merah-Putih berukuran 1.000 meter akan dikibarkan oleh 1.000 anggota Pramuka di wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan Malaysia yakni Pulau Sebatik.

Pengibaran bendera raksasa itu akan dilakukan pada puncak gelaran Saka Bahari Nasional, 10 Januari 2012 di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kita akan ciptakan rekor dunia untuk pengibaran bendara Merah-Putih terbesar di perbatasan," ujar anggota Kwartir Nasional asal Kaltim Supriyadi di Balikpapan, Selasa (3/1/2012).

Pada Selasa pagi, KRI Soeharso bersandar di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, setelah menempuh perjalan dari Jakarta (28/12) ke Makasar (1/1/2012). KRI ini mengangkut ratusan perserta Pramuka Saka Bahari Nasional 2012. Ratusan penegak Pramuka ini merupakan perwakilan dari provinsi-provinsi di wilayah barat Sumatera dan Jawa.

KRI juga singgah di Makassar pada tahun baru lalu untuk mengangkut perserta dari Indonesia timur. Pada Selasa sore, KRI Soeharso meninggalkan Balikpapan setelah mengangkut 142 perwakilan Pramuka asal Provinsi Kaltim yang menjadi tuan rumah acara Saka Bahari Nasional 2012.

Kegiatan ini bagian dari upaya menumbuhakn rasa persatuan nasional
sekaligus memberikan pengalaman langka dan berharga bagi para generasi
muda Pramuka.

"Mereka bisa melihat langsung kehidupan saudaranya dari sisi ekonomi dan sosial yang tinggal di perbatasan," ucap Laksamana Pertama Kinkin Suroso, Kepala Pimpinan Saka Bahari Nasional 2012 usai acara penyambutan kedatangan rombongan kepada pers di Balikpapan, Selasa (3/1/2012).

Program Saka bahari ini diharapkan akan memberikan pendidikan dan pengalaman kebaharian sehingga akan lahir generasi yang memiliki visi kedepan tentang kemaritiman, tambah Kinkin.

Kinkin yang juga kadis pembinaan potensi maritim Angkatan Laut (AL) ini mengatakan, acara ini nantinya akan dihadiri Menteri Olahrga Andi Mallarangeng dan Panglima TNI serta kepala staf.

Sementara itu Ketua Kwarda Kaltim HM Hatta Zainal menyatakan acara Saka Bahari diharapkan dapat memberikan kesan pengalaman bahari bagi peserta. "Di sisi lain ini juga kami harapkan dapat medongkrak popularitas kawasan wisata di Kaltim seperti Pulau Derawan, di Kabupaten Berau," ujar Hatta.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8281 seconds (0.1#10.140)