alexametrics

Lolos SNMPTN, Ketua LTMPT: Perhatikan Info Detail, Setiap PTN Aturannya Beda

loading...
Lolos SNMPTN, Ketua LTMPT: Perhatikan Info Detail, Setiap PTN Aturannya Beda
Lolos SNMPTN, Ketua LTMPT: Perhatikan Info Detail, Setiap PTN Aturannya Beda
A+ A-
SURABAYA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 hasilnya sudah diumumkan hari ini, Rabu (8/4/2020). Ribuan siswa harus tetap menjaga kondisi dengan tidak keluar rumah dan tetap fokus untuk belajar di masing-masing rumahnya di tengah wabah virus corona (COVID-19).

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menjelaskan, bagi yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN diharapkan untuk memperhatikan informasi dengan detail di masing-masing PTN yang diterima. “Karena ada aturan yang berbeda pada setiap PTN,” kata Nasih, Rabu (8/4/2020). (Baca juga: Sebanyak 96.496 Siswa Lolos SNMPTN)

Selanjutnya untuk proses pendaftaran UTBK dan SBMPTN sendiri akan dilaksanakan pada Mei 2020. Untuk SBMPTN dilaksanakan pada 2-20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 5-12 Juli 2020. Nasih menambahkan, sebagai rasa syukur bagi para siswa yang sudah diterima SNMPTN, mereka harus bisa bijak dalam menyikapi kondisi saat ini. Makanya, mereka akan menjadi duta pencegahan COVID-19 dan menjadi figur bagi teman-temannya. “Peran saudara semua, sebagai duta dengan memberikan edukasi kepada masyarakat amat berarti,” ucapnya.

Untuk hasil SBMPTN sendiri akan diumumkan pada 25 Juli 2020. Namun, waktu tersebut masih bersifat tentatif. Artinya, jika kondisi masih belum memungkinkan maka akan dilakukan penjadwalan ulang. Meski demikian, semua pihak harus optimistis agar UTBK bisa dilaksanakan pada tanggal tersebut. Selanjutnya, perihal mekanisme pelaksanaan karena waktu yang mepet, pada UTBK tahun ini akan ada perubahan dan penyesuaian.



“Jadi saat mendaftar UTBK dilakukan dalam waktu bersamaan dengan daftar SBMPTN. Yakni program studi dipilih di awal. Kedua, kami tidak akan mengumumkan nilai UTBK seperti tahun lalu. Jadi mekanismenya pengumumannya akan secara langsung, usai ujian akan ditetapkan untuk kelulusan sekaligus diumumkan,” ungkapnya.

Nasih menegaskan, semua ini dilakukan karena alasan utamanya kondisi yang tidak biasa. “Mari kita persiapkan dengan sebaik baiknya. Tetap di rumah dan belajar di rumah dengan maksimal. Insya Allah hal itu sudah cukup untuk bekal UTBK,” jelasnya.
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak