alexametrics

Negatif 2 Uji Sampel, Dua Pasien COVID-19 di Merauke Sembuh

loading...
A+ A-
MERAUKE - Dua pasien Positif COVID-19 yang dirawat sekira dua pekan di RSUD Kabupaten Merauke dinyatakan sembuh melalui dua uji sample. Hal ini ditegaskan Plt Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Merauke dr Nevile R Mustika melalui sambungan telepon di Jayapura, Selasa (31/3/2020).

Dikatakan, dua pasien yakni bernomor 01 dan 02 dinyatakan sambuh berdasarkan dua hasil laboratorium Labkes Jayapura, yang dikirim pada beberapa waktu lalu menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. (Baca: Kabupaten Bone Bolango Perketat Penjagaan Pintu Masuk ke Gorontalo)

"Hasil konfirm pertama negatif dan yang kedua sudah keluar, dan dinyatakan negatif juga, dan pasien sudah sembuh. Besok rencananya baru akan dipulangkan," kata dr Nevile.



Dijelaskan, dua pasien tersebut berasal dari Kabupaten Mappi dan Merauke. "Satu dari Mappi, itu yang merupakan kasus pertama dari Bogor, dan satu adalah pasien dari Merauke," jelasnya.

Dikatakan, kedua pasien tersebut mendapat perawatan terbaik sesuai prosedur. Yakni pemberian Klorokuin dan Avegan hingga berhasil sembuh, dr Nevile menyebut imun keduanya baik, hingga mampu melawan ganasnya virus COVID-19.

"Mereka semua dikasih avigan dan Klorokuin, selain itu saya fikir imunitas mereka juga baik, dan pertolongan Tuhan makanya semua negatif," katanya.

Diakuinya, dengan sembuhnya dua pasien tersebut membawa angin segar kepada seluruh petugas medis di Kabupaten Merauke, terlebih bagi yang bertugas menangani pasien COVID-19.

Sementara data per hari ini, Selasa (31/3), selain sembuhnya dua pasien tersebut, jumlah pasien PDP di Kabupaten Merauke 6 pasien, yang hasil konfirmasi Labkes Jayapura pemeriksaan pertama negatif. Dan dengan kondisi tersebut, pasien bernomor 04,06,07,08 dan 09 dipulangkan pada hari ini.Sedangkan pasien nomor 05 masih harus dirawat, karena ada keluhan lain yang harus diobati. Sementara pasien ODP, hingga hari ini bertambah 10 orang, menjadi 95 orang, dari sebelumnya 85 orang.
"Dari ODP ini, setelah dilakukan isolasi mandiri dan pemeriksaan hasilnya 14 Orang dinyatakan sehat. Sehingga ODP menjadi 81 orang, dan ditanbah 2 orang hasil tracking satu pasien PDP baru yang semalam nasuk,menjadi 83 orang ODP," jelasnya.

Dijelaskan pasien PDP, yang baru masuk tersebut berjenis kelamin laki-laki berumur 28 tahun. Sehingga jumlah PDP sebanyak 7 orang yang dirawat di RSUD Merauke.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top