Tangkal Corona, Bacabup Sidoarjo BHS Gencarkan Penyemprotan Disinfektan

Jum'at, 27 Maret 2020 - 22:05 WIB
Tangkal Corona, Bacabup Sidoarjo BHS Gencarkan Penyemprotan Disinfektan
Tangkal Corona, Bacabup Sidoarjo BHS Gencarkan Penyemprotan Disinfektan
A A A
SIDOARJO - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) konsisten menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan terus melaksanakan penyemprotan desinfektan menangkal virus corona (COVID-19).

Setelah melalukan penyemprotan di 4 lokasi di Kecamatan Candi dan Kecamatan Sidoarjo, maka dilanjutkan di lingkungan RW 02, Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Selain 790 rumah warga. sejumlah fasilitas umum lainnya juga disemprot. Di antaranya musala, masjid, balai RT dan RW serta sejumlah sekolah. (Baca juga: Tekan Penyebaran Corona, Pemkot Tegal Lakukan Lockdown Lokal)

"Penyemprotan hari ini merupakan yang kelima kali bersamaan penyemprotan di Desa Bluru Kidul, Kecamatan Sidoarjo. Penyemprotan ini penting, karena kami tak mau masyarakat Sidoarjo menjadi korban COVID-19," terang Bambang Haryo Soekartono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020).

Rencananya Sabtu (28/3/2020) dan Minggu (29/3/2020) juga bakal dilaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi yang berbeda. "Poinnya adalah membersihkan lingkungan dari virus corona dengan disinfektan. Sekaligus edukasi kepada publik cara mencegah corona, yakni dengan makan makanan bergizi mengandung vitamin C dan E. Karena menurut pakar internasional Vitamin C dan E paling potensial menangkal virus Corona. Hal ini sudah dipraktekkan Singapura hanya dengan vitamin tidak ada angka kematian disana," imbuhnya.

Bambang juga menyarankan warga mengkonsumsi air daun sirih yang banyak mengandung antibiotik dan memberikan imunitas tubuh serta melegakan tenggorokan saat diminum dengan air panas. Selain itu, warga harus sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer atau sering berwudlu serta menjaga social distancing atau fisical distance saat berkumpul agar terhindar terhindar dari penyebaran virus corona.

"Termasuk penggunaan masker. Bahkan sifatnya wajib bagi yang sakit. Kami pun berharap adanya sosialisasi yang mencantumkan nomor yang bisa dihubungi manakala ada warga yang diduga terpapar corona. Minimal minta petugas Puskesmas agar pasien dijemput petugas dan tidak berangkat sendiri yang memicu penyebaran virus kemana-mana dan menimbulkan penyebaran baru," tegasnya.

Mantan anggota DPR RI periode 2014 - 2019 ini menyatakan nyawa rakyat harus dilindungi negara karena itu bagian dari hak hidup manusia. "Makanya saya berusaha semaksimal mungkin membuat perlindungan terhadap masyarakat Sidoarjo jangan sampai sakit," paparnya.

Sementara Ketua RW 02 Desa Wedoro, Nur Cholis mengaku sangat senang dengan adanya penyemprotan ini. Menurutnya saat warga butuh ketenangan di tengah mewabahnya virus Corona, BHS dan timnya langsung merespons permintaan warga. "Kami mengapresiasi karena responsnya cepat sekali. Itu memberikan ketengan bagi warga kami," katanya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4734 seconds (0.1#10.140)