alexametrics

Warga Sekadau Gelar Ritual Doa Cegah Virus Corona Masuk

loading...
A+ A-
SEKADAU - Warga muslim Perkampungan Darussalam, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat menggelar doa bersama untuk menolak bala. Warga kampung yang berada di Jalan Sekadau-Sintang kilometer tujuh tersebut meminta agar Tuhan berkenan mencegah masuknya virus corona ke kampung mereka.
Ritual tolak bala diisi dengan lantunan zikir dan doa yang dipimpin oleh pemuka kampung setempat. Bukan hanya orang tua, anak-anak pun ikut serta. Rangkaian ritual ditutup dengan makan bersama dengan makanan yang dibawa dari rumah masing-masing warga.
”Selain memang sudah tradisi, kegiatan ini kami maksudkan agar Allah bersedia menarik kembali bala yang sudah diturunkan kepada kita semua, yaitu wabah penyakit, supaya kehidupan kembali seperti sediakala,” ujar Muhammad Ikhsan, pemimpin ritual tolak bala di kampung tersebut. (Baca : Operasi Corona, Sepekan Polda Jatim Ciduk 887 Orang Berkerumun)
Menurut dia, ritual doa tolak bala tersebut merupakan bentuk ikhtiar batin warga untuk mencegah corona, setelah sekian ikhtiar fisik telah dilakukan, termasuk mengikuti anjuran untuk menjaga kebersihan dan daya tahan badan. ”Kepada siapa lagi kita minta pertolongan, kalau bukan Tuhan?” katanya. (Baca : Cegah Corona, Bali Berlakukan Lockdown)
Selain Perkampungan Darussalam, ritual tolak bala dalam rangka menangkal penyebaran virus corona atau covid 19 juga digelar warga suku dayak muslim di beberapa kecamatan Kabupaten Sekadau juga menggelar ritual tolak bala serupa. Mereka berharap apa yang dilakukan dapat mencegah penyebaran virus corona di kabupaten berjuluk Bumi Lawang Kuari tersebut.

(muh)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top