alexametrics

Cegah Corona, DPC PKB Tuban Bagikan Masker dan Hand Sanitizer Gratis

loading...
A+ A-
TUBAN - Upaya mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) dilakukan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tuban bersama anggota DPR Dapil IX Tuban-Bojonegoro, Ratna Juwita Sari dengan membagikan masker dan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat, Jumat (20/3/2020).

Pembagian tersebut dipusatkan di Kantor DPC Partai PKB yang berada di Kompleks Ruko Merak Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak. Setiap warga mendapatkan perlengkapan masker, hand sanitizer, dan selebaran yang berisi imbauan untuk melakukan pola hidup sehat. (Baca juga: Geger, Bule Kejang Lalu Tewas di Pinggir Jalan Denpasar Bali)

"Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk partisipasi kita, DPC PKB Tuban dan anggota DPR RI Ratna Juwita Sari, dalam upaya membantu pemerintah," jelas Wakil Sekretaris PKB Tuban Hadi Kaswanto dalam keterangan tertulis kepada SINDOnews, Sabtu (21/3/2020). (Baca juga: Terungkap, Bule yang Tewas di Atas Motor di Denpasar Positif Corona)



Menurutnya, pembagian masker dan hand sanitizer tersebut akan dilaksanakan selama dua pekan. Mengingat, kondisi saat ini masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan barang itu di apotek. "Kegiatan ini akan kami lakukan selama dua pekan. Semoga dengan kegiatan ini bisa sedikit membantu masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Dian (18), warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu mengaku senang bisa mendapat masker dan hand sanitizer secara gratis. Mengingat, akhir-akhir ini dirinya kesulitan mendapatkan barang tersebut dan sudah semakin langka di Apotek-apotek. "Awalnya dapat info dari sepupu, kemudian saya langsung datang ke Kantor DPC PKB. Saat ini masker dan hand sanitizer sudah mulai sulit didapat," ungkapnya.

Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Sjamsurizalyang menyebutkan aksi tanggap COVID-19 sudah dilakukan oleh sejumlah DPC dan DPW PKB di berbagai daerah. Di antaranya oleh DPW PKB DKI Jakarta yang membagikan masker dan cairanhand sanitizerke warga. Sebanyak 3.500 masker yang dibagikan ke warga Ibu Kota di 5 wilayah DKI Jakarta.

Aksi serupa juga dilakukan oleh DPC PKB Kabupaten Sukabumi dan Bandung Barat. DPC PKB Brebes, Jawa Tengah bersama puluhan perempuan bangsa juga melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut. Salah satunya melalui kegiatan turun ke jalan sosialisasi tentang penyakit Corona dan upaya pencegahan penularannya dengan turun langsung ke masyarakat. "Saya kira teman-teman di DPW Jawa Timur dan Jawa Tengah juga melakukan aksi serupa, dan akan terus dilakukan di sejumlah daerah lainnya," kata Cucun.

Aksi tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar yang sebelumnya telah mengeluarkan 11 intruksi kepada seluruh pengurus dan kader di seluruh Indonesia untuk membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) semaksimal mungkin dalam menghadapi virus Covid19.

"Seluruh pengurus dan kader PKB di seluruh Indonesia, agar PKB berdiri terdepan bersama seluruh kekuatan bangsa untuk bergotongroyong menghadapi Covid-19 dan membantu semaksimal seluruh langkah dan kebijakan Presiden Jokowi dan Pemerintah Republik Indonesia," instruksi Gus Muhaimin, Minggu (15/3/2020).

Wakil Ketua DPR itu memerintahkan partainya untuk menurunkan tim medis untuk mengecek kesehatan warga yang memerlukan pengecekan dari rumah ke rumah. "Selanjutnya, setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline, menjadi pusat orang kontak minta pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif COVID-19," katanya.

Menurut dia, PKB menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke rumah ke rumah atau daerah rentan. "Seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting (desa) melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat di sekitarnya terkait Corona meliputi bagaimana cara mencegah corona, baik melalui pamflet maupun bahan medsos disebarkan ke semua jaringan partai," ucapnya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top