Minimnya Pengawasan Pemerintah, Lantai Jembatan Musi II Palembang Amblas

Jum'at, 20 Maret 2020 - 16:53 WIB
Minimnya Pengawasan Pemerintah, Lantai Jembatan Musi II Palembang Amblas
Minimnya Pengawasan Pemerintah, Lantai Jembatan Musi II Palembang Amblas
A A A
PALEMBANG - Amblasnya lantai jembatan Musi II Palembang serta hilanganya beberapa komponen penunjang jembatan dinilai kalangan masyarakat akibat kelalaian serta minimnya pengawasan dari pemerintah.

Seperti yang diungkapkan Hartono, warga yang tinggal di sekitar jembatan Musi II tersebut mengatakan, jembatan Musi II diketahui sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan selalu dilintasi kendaraan bertonase besar.

"Wajarlah pak kalo amblas, jembatan ini sudah tua. Apalagi baut jembatan sudah ada beberapa yang hilang. Mungkin kalau bautnya tidak hilang dan aspalnya tidak amblas, pemerintah mungkin tidak akan merawat dan memperbaiki jembatan ini," ujarnya saat diwawancarai SINDOnews, Jumat (20/03/2020).

Dari pantauan SINDOnews dilapangan, tampak lantai jembatan yang rusak mencapai 2 meter, begitu juga serpihan lantai jembatan yang mengalami kerusakan ikut jatuh ke bawah bangunan jembatan.

"Kalo sudah begini kita minta pemerintah bergerak cepat mengatasinya, jangan sampai ada bagian lainnya yang ikut rusak. Bahaya kalo sisi yang lainnya ikut rusak dan amblas karena di sini banyak kendaraan dan orang yang melintas," harapnya.

Hal senada juga diungkapkan Hasan yang sedang melintas di bawah jembatan Musi II. Menurutnya, pemerintah diminta rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan.

"Jangan sampai ada kejadian, baru mau bergerak. Cakmano kalo sudah ado korban, siapa yang bertanggung jawab," ujar Hasan.

Akibat rusaknya struktur jembatan tersebut, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Palembang menutup jembatan selama 14 hari untuk dilakukan perbaikan.

Selain itu, sejumlah arus lalu lintas juga terpaksa dialihkan di antaranya Simpang Bandara Tanjung Api-Api, Flyover Tanjung Api-Api, Simpang Alang-Alang Lebar dan Simpang Parameswara.

Terlihat di sekitar lokasi, kendaraan pribadi yang biasa melintasi jembatan Musi II tersebut dengan rute dari Jalan Soekarno Hatta dialihkan ke Jalan Parameswara, rute dari Jalan Srijaya Negara dialihkan ke Kertapati. Sementara untuk kendaraan bertonase besar bisa melintasi Duplikasi Jembatan Musi II yang berada di samping Jembatan Musi II.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5484 seconds (0.1#10.140)