Wabup Najamudin Buka Pelatihan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Rabu, 18 Maret 2020 - 16:14 WIB
Wabup Najamudin Buka Pelatihan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Wabup Najamudin Buka Pelatihan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
A A A
BUNGKU - Wakil Bupati Morowali, Najamudin membuka pelatihan ahli keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Aula Balai Latihan Kerja Kabupaten Morowali, Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah, Senin(16/3/2020).

Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyerahan atribut pelatihan pada perwakilan peserta oleh Wabup Morowali.

Dengan Motto “Keselamatan merupakan tanggung jawab semua orang” safety is everyone responsibility. Yaitu mulailah pekerjaan dengan semangat dan pulang dengan selamat”.

Undang-Undang No 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja mengatur pelaksanaan K3 disemua tempat kerja yang bertujuan agar tenaga kerja dan orang lain yang berada ditempat kerja terjamin keselamatannya, peralatan, aset dan sumber produksi dapat dipergunakan secara aman dan efesien agar terhindar dari kecelakaan kerja.

Dalam sambutanya, H. Najamudin mengatakan bahwa Pemerintah daerah saat ini masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur antara lain fasilitas transportasi baik udara, darat maupun laut serta sarana dan prasaran penunjang lainnya. Program pembangunan tersebut harus didukung dengan penerapan K3 agar terlaksananya tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat.

“Sejumlah kasus kecelakaan kerja yang terjadi diperusahaan khususnya di Kabupaten Morowali harus menjadi perhatian semua pihak. Karena itu perlu dilakukan upaya yang nyata untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan maupun penyakit akibat kerja secara maksimal,” Tukasnya.

Ditambahkannya, bahwa Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pemegang kebijakan nasional tentang K3, sangat mengharapkan dukungan pemerintah, pemerintah daerah, lembaga, masyarakat industri untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3.

“Pemerintah daerah Kabupaten Morowali mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada dinas transmigrasi dan tenaga kerja Daerah Kabpaten Morowali yangtelah melaksanakan kegiatan pelatihan calon ahli k3 umum di Kabupaten Morowali,” Ungkapnya.

Ia berharap agar peserta yang akan mengikuti pelatihan calon ahli K3 umum yang berlangsung dari tanggal 16 s/d 28 maret 2020, diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini sampai hari terkahir pelatihan, dan sertifikat calon ahli K3 umum dapat digunakan untuk memperoleh pekerjaan sebagai seorang ahli K3 umum di Kabupaten Morowali.

Sebanyak 32 orang peserta, mengikuti pelatihan ahli keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang diselenggarkan oleh unit pelaksana teknis lokal latihan kerja usaha kecil menengah (UPT LLK UKM) Disnakertrans Kabupaten Morowali. Hal ini untuk meningkatkan kerja bagi peserta yang ingin mengembangkan dirinya dalam berwirausaha maupun di dunia kerja.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6810 seconds (0.1#10.140)