Aminullah Apresiasi Ribuan Warga Ikuti Aksi Bersih-bersih Kota

Minggu, 15 Maret 2020 - 21:21 WIB
Aminullah Apresiasi Ribuan Warga Ikuti Aksi Bersih-bersih Kota
Aminullah Apresiasi Ribuan Warga Ikuti Aksi Bersih-bersih Kota
A A A
BANDA ACEH - Ribuan masyarakat Kota Banda Aceh mengikuti aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020. Kegiatan ini dipusatkan di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Sabtu (14/3/2020) pagi.

Tampak Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan istri, Hj Nurmiaty AR, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riayanto, Sekdakota, Bahagia berbaur bersama masyarakat mengutip dan memilah sampah di Pantai Ulee Lheue.

Kegiatan HPSN tahun 2020 ini, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) menggelar berbagai kegiatan. Selain aksi bersih-bersih kota, seperti pantai dan destinasi wisata juga digelar berbagai kegiatan lain, yakni seperti pencanangan gerakan pengurangan sampah plastik dan pilah sampah dari rumah, penanaman pohon, pameran daur ulang sampah warga sekitar hingga kegiatan pembagian doorprize. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota bersama dengan Kapolresta, Sekda dan sejumlah pejabat lembaga lainnya dengan pemukulan rebana.

Atas partisipasi ribuan warga ini, Aminullahpun menyampaikan apresiasi. Menurutnya kebersihan harus menjadi perhatian bersama agar kota menjadi bersih, indah dan rapi.

Kata Wali Kota, kegiatan HPSN diharapkan menjadi momentum budaya hidup bersih bagi warga kota Banda Aceh.
“Kita ingin HPSN ini menjadi momentum warga kota membiasakan diri hidup bersih. Bukan hanya sebagai seremonial saja, tapi setelah ini kita terus menjaga kebersihan, mulai dari rumah, lingkungan, kantor hingga Lorong-lorong,” harap Aminullah.

Katanya, sampah jika tidak dikelola dengan tepat maka akan jadi malapetaka. Dia mencontohkan bencana yang pernah terjadi di Sukabumi 15 tahun lalu karena penanganan sampah yang tidak tepat.

“Tentunya kita tidak menginginkan hal itu terjadi di Banda Aceh. Karenanya masyarakat terus kita berikan edukasi cara memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Aminullah yang juga ikut menanam pohon Bersama Kapolresta, Kombes Pol Trisno Riyanto pada acara HPSN ini.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyinggung wabah corona yang melanda berbagai belahan dunia. Katanya, virus Covid-19 dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Informasi dari Sekretaris DLHK3 Banda Aceh, Dody Haikal, aksi bersih pantai dan destinasi wisata dalam rangka HPSN tahun 2020 melibatkan 1000 peserta, terdiri 23 komunitas pelajar tingkat SMP dan SMA, 33 komunitas peduli lingkungan, duta lingkungan, masyarakat, swasta, dunia usaha, TNI dan Polri, pegawai DLHK3 dan PNS dari berbagai SKPK lingkungan Pemko.

Katanya, kegiatan ini turut didukung oleh sejumlah Lembaga lainnya, seperti Pegadaian, Perbankan dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Aceh yang ikut mensponsori kegiatan ini.

HPSN tahun 2020 ini mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”.

Kegiatan ini digelar untuk membangun kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah. Kemudian mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

Tujuan yang tak kalah penting lainnya adalah sebagai ajang sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan solusi untuk mengatasi mulai dari sumbernya.

Selain aksi bersih pantai dan destinasi wisata, dalam rangka HPSN juga diselenggarakan berbagai kegiatan lainnya, seperti pencanangan gerakan pengurangan sampah plastik dan pilah sampah dari rumah, penanaman pohon, pameran daur ulang sampah warga sekitar hingga kegiatan pembagian doorprize.

Diselenggarakan juga lomba kampanye pengelolaan sampah dan lomba lingkungan (Rangking I dan kuis wawasan).
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4637 seconds (0.1#10.140)