Bayi yang Lahir di Jalan Rusak di Lebak Diberi Nama 'Borojol'

Rabu, 11 Maret 2020 - 10:54 WIB
Bayi yang Lahir di Jalan Rusak di Lebak Diberi Nama Borojol
Bayi yang Lahir di Jalan Rusak di Lebak Diberi Nama 'Borojol'
A A A
LEBAK - Sari (28), ibu yang melahirkan di pinggir jalan memutuskan untuk memberikan nama kepada anak keduanya Borojol. Keputusan itu setelah berkonsultasi kepada jaro atau kepala desa (kades) Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak.

"Saat ini sudah ada di rumah, sudah sehat dua-duanya (ibu dan anak). Anaknya cowok. Dikasih nama Borojol," ujar Kades Cibarani Dulhani, Rabu (11/3/2020).

Dia menjelaskan, pemberian nama Borojol setelah bidan dan orang tuanya meminta masukan kepadanya. Pada akhirnya saya keluar nama borojol dikarenakan lahir dijalan secara tiba- tiba. "Kemarin pas ada bidan, mereka tanya, namanya siapa. Borojol saja, karena lahirnya kan ngeborojol di jalan," ucap Dulhani.

Akhirnya, nama tersebut disetujui oleh kedua orang tuanya. Dia berharap, anaknya kelak menjadi anak tumbuh sehat, soleh, berbakti kepada orangtua, negara dan bangsa. "Mereka terima, biasanya emang Jaro yang kasih nama kalau ada yang lahir," tandasnya.

Sebelumnya, jarak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang jauh ditambah kondisi jalan rusaknya membuat seorang ibu di Kampung Pasir Sempur, Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten terpaksa melahirkan dijalan. (Baca: warganya Melahirkan di Jalan, Ini Kata Bupati Lebak).

Peristiwa itu dialami Sari (28) saat perjalanan menuju Puskesmas yang jaraknya 20 kilometer dari rumahnya ke Puskesmas Cirinten pada hari Senin (9/3) siang. Sebab, di Kampung Pasir Sempur tidak ada Puskesmas Pembantu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8407 seconds (0.1#10.140)