Momen Pilkada, ASN Harus Netral

Rabu, 04 Maret 2020 - 20:02 WIB
Momen Pilkada, ASN Harus Netral
Momen Pilkada, ASN Harus Netral
A A A
BUNGKU - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Morowali, Abdurahman menegaskan pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Menurutnya Undang-undang ASN yang sudah ditetapkan merupakan aturan baku yang harus dipatuhi oleh ASN di seluruh Indonesia tanpa terkecuali.

‘’Aturan disiplin ASN sama dengan khutbah Jumat, artinya ini merupakan satu kewajiban kita untuk menyampaikan keseluruh ASN tentang peraturan perundang-undangan yang harus dipatuhi sehingga tidak menjadi bumerang bagi ASN yang menyalahi aturan kepegawaian. Olehnya mau tidak mau, suka tidak suka, undang-undang tentang larangan ASN yang sudah diatur harus disampaikan untuk diketahui. Peraturan-peraturan ASN merupakan salah satu pedoman untuk menjalankan tugas-tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,’’ ujarnya.

Pada pelaksanaan pesta demokrasi serentak tahun 2021 Provinsi Sulawesi Tengah adalah salah satu daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak. Dengan momen Pilkada tersebut, seluruh ASN harus netral dan tidak terlibat politik praktis utamanya dalam hal memposting gambar setiap calon kepala daerah di media sosial. Karena itu sudah diatur dalam undang-undang kepegawaian Republik Indonesia.

‘’Saat ini Provinsi Sulawesi Tengah termasuk salah satu daerah yang menyelenggarakan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Untuk itu, selaku ASN diharapkan agar tidak ikut-ikutan melakukan postingan gambar para calon gubernur dan wakilnya di media sosial, baik itu di grup whatsapp, facebook, twitter dan lain sebagainya. Larangan itu sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Olehnya, ASN harus mematuhi aturan yang berlaku,’’ hal ini ditegaskan, Abdurahman, dihadapan pejabat Eselon II, III, dan IV serta seluruh ASN dan Honorer saat memimpin Apel di halaman Kantor Bupati, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut, mantan Kadis Kominfo Morowali tersebut mengungkapkan selain penerapan disiplin, ASN juga harus jeli menyikapi berbagai informasi termasuk isu virus corona. ‘’Sebagai ASN harus lebih bijak menanggapi dan menginformasikan isu tersebut. Karena dengan adanya isu virus corona yang berkembang baru-baru ini sangat berdampak pada pembangunan sosial dan kemasyarakatan. Serta dapat merugikan kita khususnya pada bidang pariwisata,’’ jelasnya.

Ia juga mengapresiasi seluruh ASN yang telah menunjukkan disiplin dan loyalitasnya saat ini. ‘’Saya atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi ASN yang telah menunjukkan disiplin dan loyalitasnya saat ini utamanya pada pelaksanaan apel pada pagi hari ini. Begitu juga yang posisi sakit, kita doakan semoga cepat sembuh dan yang melaksanakan tugas perjalanan dinas semoga dapat diperlancar tugas-tugasnya,’’ pungkasnya. (ikp)
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4624 seconds (0.1#10.140)