Cegah Virus Corona Masuk Jateng, Ini Antisipasi yang Dilakukan

Senin, 02 Maret 2020 - 20:14 WIB
Cegah Virus Corona Masuk Jateng, Ini Antisipasi yang Dilakukan
Cegah Virus Corona Masuk Jateng, Ini Antisipasi yang Dilakukan
A A A
SEMARANG - Kewaspadaan untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19 di Tanah Air terus ditingkatkan. Di antaranya adalah dua bandara dan satu pelabuhan di Jawa Tengah yang menjadi pintu masuk dari luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, mengatakan, tiga pintu masuk yang diwaspadai adalah Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Boyolali, dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pengawasan akan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kemenkes.

"Meningkatkan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dari negara atau daerah terjangkit melalui pintu masuk Jawa Tengah," kata Yulianto, Senin (2/3/2020).

Langkah-langkah pengawasan yang dilakukan berupa optimalisasi fungsi alat deteksi suhu tubuh dan pemberian Health Alert Card (HAC) bagi penumpang yang berasal dari negara atau daerah terjangkit. Selain itu juga mengoptimalkan pemeriksaan, observasi, isolasi, dan rujukan apabila ditemukan penumpang dengan ciri-ciri penderita.

"Meningkatkan sosialisasi promotif dan preventif kepada masyarakat melalui berbagai media serta mengintensifkan koordinasi, sistem informasi dan jejaring dengan berbagai pemangku kepentingan," lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, dua orang WNI yang terinfeksi virus korona atau Covid-19 berdomisili di Depok, Jawa Barat. "Di daerah Depok," ucap Terawan di Istana Negara.

Keduanya dilarikan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta, guna mendapat perawatan lebih lanjut. Sementara rumah WNI terinfeksi virus korona tersebut sudah diisolasi.
"Dibawa di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain," ungkap Terawan.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8761 seconds (0.1#10.140)