Luar Biasa....Melawan Derasnya Arus Sungai, Anggota TNI Perbatasan NTT Timor Leste Selamatkan Bocah

Rabu, 19 Februari 2020 - 09:12 WIB
Luar Biasa....Melawan Derasnya Arus Sungai, Anggota TNI Perbatasan NTT Timor Leste Selamatkan Bocah
Luar Biasa....Melawan Derasnya Arus Sungai, Anggota TNI Perbatasan NTT Timor Leste Selamatkan Bocah
A A A
KEFAMENAHU - Aksi heroik dua anggota TNI Pos Naikake Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, yakni Pratu Yudha dan Prada Simanjuntak, menyelamatkan Yohanis Falo (9) bocah yang terseret arus deras Sungai Aplal Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengundang decak kagum.

Dua anggota TNI AD yang berjaga di pos perbatasan Indonesia-Timor Leste itu, dengan berani terjun ke sungai melawan derasnya arus air demi menyelamatkan Yohanis Falo.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Letkol Inf Wisyudha Utama mengatakan, Yohanis Falo bersama temannya Yeremias Kolo (6) mandi di Sungai Aplal.

Dua bocah tersebut, tidak sadar kalau air sungai meluap tinggi karena hujan deras. Yohanis Falo yang mandi di sungai yang lebih dalam, terseret derasnya arus air sekitar 30 meter dari lokasi awal. Sedangkan temannya Yeremias Kolo tidak terseret arus, karena berada di pinggir sungai.

Melihat Yohanis Falo terseret arus, Yeremias Kolo berteriak minta tolong. Dua anggota TNI Pos Naikake Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Pratu Yudha dan Prada Simanjuntak yang sedang melintas mendengar teriakan tersebut. Lalu, keduanya langsung menuju sungai dan menyelamatkan korban Yohanis Falo.

"Begitu mendengar suara teriakan anak-anak minta tolong, dengan sigap anggota mencari sumber suara, yang sepertinya suara tersebut dari arah sungai, setibanya dilokasi, anggota Satgas melihat ada seorang anak kecil yang terseret arus, Tak pikir panjang, naluri sebagai prajurit, membuat anggota Satgas Yonif 132/BS langsung melompat ke dalam aliran sungai yang deras dengan kedalaman 1,5-2 meter untuk menyelamatkan sang anak," tutur Letkol Inf Wisyudha Utama, Rabu (19/02/2020).

Sementara itu, Ester Molo (39) orang tua korban Yohanis Falo, mengaku berterimakasih atas bantuan TNI. Sebab, jika tidak maka anaknya tidak bisa tertolong.

"Terima kasih sudah mau menyelamatkan nyawa Yohanis, jika tidak ada abang TNI berdua dari Satgas Yonif 132/BS, kami tidak tahu apa yang terjadi lagi. Sungguh mulia pengorbanan TNI," ucap Ester Molo dengan mata berkaca-kaca.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3488 seconds (0.1#10.140)