Siap Bekali Survival Tempur, 16 Personel Koopsau I Survei Waduk Jatiluhur

Kamis, 06 Februari 2020 - 16:39 WIB
Siap Bekali Survival Tempur, 16 Personel Koopsau I Survei Waduk Jatiluhur
Siap Bekali Survival Tempur, 16 Personel Koopsau I Survei Waduk Jatiluhur
A A A
JAKARTA - Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) I melakukan survei lapangan sebelum Latihan Survival Tempur dengan nama 'Madhi Yudha' 2020. Survei lapangan berlangsung selama dua hari (3-5/2/2020) di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat.

Survei di Komandoi oleh Letkol Pnb Yanwar, yang sehari-hari sebagai Pabandya Latsops Koopsau I, dengan kekuatan sebanyak 16 orang.

Kepala Penerangan Koopsau I Letkol Hamdi Londong Allo mengatakan, tujuan dilaksanakan survei ini untuk mendapatkan gambaran yang utuh terkait medan, situasi dan hambatan sebagai laporan kepada komandan untuk menentukan kebijakan selanjutnya.

"Dipilihnya Waduk Jatiluhur sebagai daerah latihan karena selain faktor geografis, juga mempertimbangkan jarak dan tingkat kesulitan yang akan dihadapi oleh pelaku survivor," kata Kepala Penerangan Koopsau I Letkol Hamdi Londong Allo melalui keterangan elektronik, Kamis (2/6/2020).

Medan yang berbukit-bukit dan hutan yang masih lebat membuat latihan mempunyai tingkat kesulitan tinggi dan sesuai dengan asumsi daerah perang.

Menurut rencana, Latihan Survival Tempur 'Madhi Yudha' ini akan dilaksanakan pada 16-18 Maret 2020. Dan akan dibuka langsung oleh Pangkoopsau I Marsda TNI M Khairil Lubis.

Latihan Survival Tempur 'Madhi Yudha 2020' merupakan latihan yang diperuntukan khusus bagi awak pesawat TNI AU yang bertugas di jajaran Koopsau I. Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat TNI AU agar mampu bertahan hidup sebelum adanya pertolongan, jika dalam melaksanakan missi operasi dan latihan menghadapi keadaan darurat di daerah musuh.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4957 seconds (0.1#10.140)