Talud Sepanjang 20 Meter Ambrol Timpa Rumah Warga di Gunungkidul

Kamis, 30 Januari 2020 - 17:15 WIB
Talud Sepanjang 20 Meter Ambrol Timpa Rumah Warga di Gunungkidul
Talud Sepanjang 20 Meter Ambrol Timpa Rumah Warga di Gunungkidul
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras pada Rabu (29/1/2020) sore menyebabkan talud di Dusun Kerjan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul ambrol. Imbasnya, rumah milik Sunarto tertimpa material longsor dari talud sepanjang 20 meter tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16. 00 WIB ini. Hanya saja, Sunarto harus menanggung kerugian Karena tembok dibagikan dapur rusak tertimpa material longsor dari talud dengan ketinggian sekitar 8 meter tersebut.

Menurut penuturan Sunarto, peristiwa ini terjadi saat dirinya berada di ruang utama rumah. Hujan deras terjadi dsn riba tiba ada suara gemuruh. "Ternyata talud samping rumah longsor dan menimpa bangunan dapur saya," tuturnya kepada wartawan, Kamis (39/1/2020).

Setelah hujan reda para warga sekitar langsung berdatangan dan dilakukan kerja bakti. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat begitu menerima laporan talaud yang longsor menimpa rumah warga.

Beragam warga setempat upaya pembersihan langsung dilakukan." Talud ambrol ini terjadi di desa Kerjan dan menimpa rumah warga atas Nama Sunarto. Sore hari begitu laporan masuk tim reaksi cepat langsung bergerak menuju lokasi," katanya.

Edy Basuki menjelaskan, selain proses pembersihan hari ini pihaknya juga mengirimkan logistik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban keluarga sehingga bisa digunakan untuk kerja bakti warga setempat." Hari ini kerja bakti dilanjutkan. Mudah mudahan cuaca mendukung," tuturnya.

Dia berharap dengan mulai turun hujan dengan intensitas tinggi ini, masyarakat di wilayah yang rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Ini lantaran beberapa wilayah di zona utara Gunungkidul berada pada bukit labil dan berpotensi longsor.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5529 seconds (0.1#10.140)