Diduga Suspect Corona, 1 Warga Batam Diisolasi di RSUD

Kamis, 30 Januari 2020 - 12:34 WIB
Diduga Suspect Corona, 1 Warga Batam Diisolasi di RSUD
Diduga Suspect Corona, 1 Warga Batam Diisolasi di RSUD
A A A
BATAM - Seorang pasien yang diduga suspect (dicurigai) virus Corona dirawat di ruang isolasi RSUD Embung Fatimah, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (30/1/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, pasien tersebut saat ini sedang berada dalam pengawasan tim medis. Pasien mengalami gejala mirip terjangkit virus Corona sehingga membutuhkan penanganan medis. (Baca juga: Pulang dari China, Mahasiswi asal Bengkulu Diisolasi di RSUD M Yunus)

"Pasien berinisial R saat ini berada dalam ruang isolasi RSUD Embung Fatimah. Kalau kami istilahkan berada dalam pengawasan tim medis," kata Didi.

Dia mengatakan, pasien tersebut merupakan warga Batam dan mendapatkan penanganan medis pada Rabu siang (29/1/2020). Diketahui R bekerja pada perusahaan kapal tugboat di Singapura. Sebelum dirawat, pasien ini datang dari Singapura dan masuk ke Batam melalui Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. (Baca juga: Sebelum Virus Corona, Wabah Justinian di China Pernah Tewaskan 10 Ribu Orang per Hari)

Saat dilakukan pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan dengan thermal scanner, warga Batam itu mengalami demam, batuk, dan pilek sehingga langsung diarahkan untuk mendapatkan penanganan medis.

"Langsung dirujuk ke RSUD Embung Fatimah Batam. Langsung ditangani oleh tim dokter yang dipimpin dokter Sianturi. Setelah itu ditempatkan di ruang khusus atau ruang isolasi," katanya.

Didi mengatakan, pasien tersebut tidak mengalami gejala yang akut, seperti gejala pernapasan akut dan lainnya. Meski demikian, Dinas Kesehatan bersama RSUD Embung Fatimah tetap harus melakukan penanganan serius kepada pasien.

"Sejauh ini gejala yang dialami tidak akut atau tidak terlalu serius. Namun, tetap harus ditangani. Tentu kami juga tak ingin nanti dibilang kecolongan menangani maslah ini," tandasnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5964 seconds (0.1#10.140)